INFO KASET: Van Halen, Heavy 45th Anniversary Van Halen II

Van Halen Merilis Album Van Halen II, pada 23 Maret 1979
Sumber :
  • FB: All Access Global ROCK Stream

Jakarta, WISATA – Kelompol musik Van Halen merilis album studio kedua Van Halen II, pada 23 Maret 1979 melalui Warner Bros. Records.

Album ini direkam pada 11 Desember 1978 – Januari 1979 di Sunset Sound Recorders, Hollywood, California, Amerika dengan produser Ted Templeman.

Rekaman album ini mengambil waktu kurang dari satu tahun, setelah perilisan album debut band, dan proses rekaman selesai dalam tiga minggu.

Banyak lagu di album Van Halen II sudah dikenal, sebelum perilisan album pertama, dan adapula di demo yang direkam pada tahun 1976 oleh Gene Simmons dan pada 1977 oleh Ted Templeman, termasuk versi awal dari “Beautiful Girls” (kemudian dikenal sebagai “Bring on the Girls”) dan “Somebody Get Me a Doctor”.

Van Halen II merilis single-single: “Dance the Night Away”/”Outta Love Again” (rilis April 1979), “Somebody Get Me a Doctor”/”Women in Love…” (rilis tahun 1979, di Jepang) dan “Beautiful Girls”/”D.O.A.” (rilis September 1979).

Album ini mencapai nomor 6 di tangga album Billboard.

Di game lisensi band, Guitar Hero: Van Halen, empat dari sepuluh lagu dari album ini tersedia untuk dimainkan: “Dance the Night Away”, “Somebody Get Me a Doctor”, “Spanish Fly” dan “Beautiful Girls”.

Gitar berwarna hitam dan kuning di belakang album ini, dikubur bersama gitaris Pantera, Dimebag Darrell, yang terbunuh pada 8 Desember 2004.

Eddie Van Halen meletakkannya dalam sebuah tempat di kuburan Darrell, karena Darrell pernah mengatakan gitar itu adalah kegemarannya.

Namun, Eddie sendiri menyatakan dalam wawancara, bahwa gitar itu sebenarnya tidak digunakan di album Van Halen II, dan hanya melengkapi, sesaat untuk pengambilan foto untuk album.

David Lee Roth terlihat dalam daftar musisi di catatan album, saat dia mengalami patah tumit ketika melompat yang juga terlihat di gambar belakang sampul.

Hingga kini, album ini terjual lebih dari lima juta kopi di AS saja.

Reaksi kritis untuk album ini juga positif, dengan The Rolling Stone Album Guide memberikan 4,5 bintang dari 5, sedangkan Allmusic memberikan 4 dari 5 bintang.

Daftar Lagu:
1. You’re No Good
2. Dance the Night Away
3. Somebody Get Me a Doctor
4. Bottoms Up!
5. Outta Love Again
6. Light Up the Sky
7. Spanish Fly (instrumental)
8. D.O.A.
9. Women in Love…
10. Beautiful Girls

Personel:
David Lee Roth – vokal utama
Eddie Van Halen – gitar, vokal latar
Alex Van Halen – drum
Michael Anthony – bass, vokal latar

(Sumber: FB: All Access Global ROCK Stream)

INFO KASET: Van Halen, Heavy 29th Anniversary "Balance"