INFO KASET: Van Halen, Heavy 29th Anniversary "Balance"

Van Halen Merilis Album "Balance" pada 24 Januari 1995
Sumber :
  • FB: All Access Global ROCK Stream

Jakarta, WISATA Van Halen merilis album studio kesepuluh mereka "Balance" pada 24 Januari 1995 melalui Warner Bros. Records.

Menurut buku milik Ian Christie, Everybody Wants Some: The Van Halen Saga, Balance dirilis ditengah-tengan pertikaian internal antara Sammy Hagar dan Eddie serta Alex Van Halen.

Band bekerja selama delapan jam dalam satu hari selama tiga minggu untuk merekam album ini.

Lagu pertama dalam rekaman, "The Seventh Seal", menampilkan nada suara mistis yang datang dari ketenangan yang baru ditemukan milik Eddie.

Terapis Eddie, Sat-Kaur Khalsa, mendorongnya untuk rilek dan membayangkan dimana dia setelah meminum enam paket bir.

Setelah mengisap rokok, meminum bir, dan memainkan gitar selama dua puluh tahun, dia mencoba menulis lagu dengan tenang dan menulis tiga lagu dalam waktu tiga jam.

Album ini kemudian beralih ke wilayah milik Sammy dengan "Can't Stop Lovin' You".

Lagu ini diambil dari sudut pandang mantan istrinya, mempercayai bahwa istrinya masih mencintai Sammy.

Band mendapatkan lebih banyak kesuksesan dengan genre hard rock milik mereka, seperti yang terlihat di lagu dalam album ini, "Aftershock".

Album ini mencapai nomor 1, album studio nomor satu keempat berturut-turut milik mereka.

Sebagian besar album Balance, direkam di 5150 Studios milik Eddie Van Halen, yang berlokasi di Studio City, kecuali untuk lima trek vokal utama yang direkam di Vancouver, dimana produser album ini Bruce Fairbairn berdomisili.

Album ini dicampur oleh Mike Fraser dan master dibuat di Sterling Sound, New York, oleh George Marino.

Menyusul rekaman dari Balance dan Ambulance Tour yang mengikutinya (band mengganti nama tur "balance" menjadi "ambulance tour" karena Eddie mendapatkan masalah di pinggangnya dan kakaknya Alex memakai penyangga leher), inkarnasi kedua dari Van Halen ini bubar.

Menanggapi periode ini, pada tahun 1997, Eddie Van Halen mengatakan pada Guitar World: "Terdapat beragam konflik antara Sammy dan band sejak saya berhenti minum pada 2 Oktober 1994... Hal itu menjadi makin buruk bahwa saya sebenarnya mulai minum lagi."

Balance menelurkan single-single: "The Seventh Seal", "Don't Tell Me (What Love Can Do)" dirilis 28 Desember 1994, "Can't Stop Loving You" dirilis 14 Maret 1995, "Not Enough" dan "Amsterdam".

Judul asli dari album ini adalah The Seventh Seal, dimana fotografer Glen Wexler menciptakan beberapa konsep, termasuk satu dengan seorang bocah berusia empat tahun berkelamin ganda.

Pada akhirnya mereka memilih Balance, dimana Alex menjelaskan pada Wexler tentang kekacauan dan perubahan yang mengelilingi Van Halen, termasuk kematian dari manajer lama Ed Leffler.

Alex meminta sesuatu yang "mengeksplorasi dualitas dari fisik manusia".

Wexler kemudian membuat sketsa konsep baru, dengan band menyukai satu sketsa dengan kembar dempet di sebuah jungkat-jangkit.

Dikatakan bocah berkelamin ganda tersebut, yang sebenarnya berasal dari Denver tapi para penggemar salah sangka menganggap sebagai putra Eddie, Wolfgang Van Halen, yang kemudian difoto di studio Hollywood milik Wexler, dengan putri Wexler menjadi model tangan yang menarik rambut bocah itu.

Gambar-gambar itu dikombinasikan dengan sebuah pemandangan miniatur untuk latar belakang menggunakan Corel Painter.

Wexler merinci bahwa sampul Balance memiliki sejumlah ironi: "ketidakmungkinan dari kembar dempat yang bermain di jungkat-jangkit; kembar 'kalem' sebenarnya adalah yang agresif, menarik rambut saudaranya untuk menciptakan pemunculan dari seorang anak yang agresif; dan yang satunya bermain di tempat terpencil setelah bencana, dimana peralatan tempat bermanin yang tidak terpakai adalah satu-satunya obyek yang terlihat."

Dia menambahkan, anak kembar itu "didesain" untuk menyerupai bentuk dari logo VH.

Sebuah sampul alternatif digunakan untuk rilisan Jepang, karena pelanggaran budaya dari versi asli.

Di dalam album, CD memperlihatkan Leonardo da Vinci menggambar Vitruvian Man, dan belakang dari buklet memeprlihatkan sebuah telur di atas sebuah gitar.

Balance adalah rilisan pertama yang mendapatkan sertifikasi platinum di Warner Bros. sejak Danny Goldberg menjabat sebagai direktur/CEO.

Ini juga album pertama milik band sejak kehilangan manajer lama mereka Ed Leffler, yang meningal karena kanker thyroid pada 16 Oktober 1993, sebelum Ray Daniels mengambil alih manajemen band (terutama karena hubungan pribadi Alex dengan Daniels sebagai kakak ipar).

Van Halen mendapat kehormatan sebagai band pertama yang melakukan debut di No. 1 pada 1995, saat penjualan mingguan mereka sebesar 295.000 buah memberikan Balance mahkota Billboard 200.

Pembuka mingguan untuk Balance milik Van Halen adalah 21% lebih tinggi dibandingkan For Unlawful Carnal Knowledge, album studio terdahulu milik band, yang memuncaki tangga album dengan 243.000 buah di musim panas 1991.

Balance mendapatkan tanggapan yang beragam dari para kritikus musik, dimana Allmusic memberikan 2 dari 5 bintang sedangkan Rolling Stone memberikan 3,5 dari 5 bintang.

Daftar Lagu:
1. The Seventh Seal
2. Can't Stop Loving You
3. Don't Tell Me (What Love Can Do)
4. Amsterdam
5. Big Fat Money
6. Strung Out (instrumental)
7. Not Enough
8. Aftershock
9. Doin' Time (drum solo by Alex Van Halen)
10. Baluchitherium (instrumental)
11. Take Me Back (Deja Vu)
12. Feelin'

Personel:
• Eddie Van Halen – guitar, keyboard, background vocals
• Alex Van Halen – drums, percussion
• Sammy Hagar – lead vocals
Michael Anthony – bass, background vocals

Personel tambahan:
• Steve Lukather – backing vocals ("Not Enough")
• The Monks of Gyuto Tantric University – chants ("The Seventh Seal")

(Sumber: FB: All Access Global ROCK Stream)

INFO KASET: Van Halen, Heavy 45th Anniversary Van Halen II