7 Khasiat Cengkih yang Menakjubkan, dari Antiinflamasi sampai Antioksidan

Ternyata Cengkih Mempunyai Khasiat yang Menakjubkan
Sumber :
  • Instagram/herbalclinic20

Malang, WISATA – Manfaat cengkeh berkisar dari rasa yang khas hingga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Apa Lagi Khasiat Kapulaga selain Aromatik dan Kuliner? Inilah 10 Manfaatnya yang Luar Biasa

Meskipun Anda menikmati aroma cengkeh yang dramatis, menambahkan bumbu kecil ini ke dalam makanan rutin Anda dapat memberi Anda sedikit vitalitas dan kesehatan yang sangat dibutuhkan. 

Cengkeh yang sekarang ini Anda tambahkan dalam masakan, pada dasarnya adalah kuncup bunga kering, yang berasal dari tanaman tropis Indonesia.  Cengkeh telah digunakan selama berabad-abad dalam berbagai masakan, seperti India, Thailand, dan Indonesia. 

9 Khasiat Unik Bengkuang: Salah Satunya Merupakan Sayuran Ramah Diabetes

Sebagai bagian dari pengobatan tradisional kuno, manfaat cengkeh telah menyembuhkan dan melawan beberapa penyakit yang melemahkan. Cengkih bersifat antagonis terhadap infeksi, bersifat antibakteri, steril, dan meredakan peradangan yang menyakitkan. Sumber mineral yang luar biasa ini (terutama mangan), lemak tak jenuh omega-3, serat, dan vitamin menjadikan manfaat kesehatan cengkeh beragam. 

Berikut beberapa manfaat cengkeh bagi kesehatan yang patut disebutkan:

Mengenal Manfaat Pohon Kersen (Muntingia Calabura) bagi Kesehatan dan Lingkungan

1. Sifat Antiinflamasi

Eugenol adalah zat antiinflamasi ampuh yang ditemukan dalam rempah cengkeh. Eugenol cengkeh diketahui menurunkan penanda pemicu peradangan dalam darah. Sedangkan sitokin, yang dapat membantu peradangan, seperti pada radang sendi.

Halaman Selanjutnya
img_title