Libur Hari Waisak, Berikut Rekomendasi Destinasi Wisata Religi Budha yang Wajib Dikunjungi

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva
Sumber :
  • IG/its_dwifachri

Malang, WISATA – Di Indonesia banyak destinasi wisata religi agama Budha. Sehubungan dengan libur panjang pekan ini dan perayaan Hari Waisak, Anda yang berencana wisata bisa mengunjungi beberapa destinasi tersebut. Berikut diantaranya,  

WAISAK: Ada Perayaan Puncak Waisak, Jam Wisatawan ke Candi Borobudur Dibatasi, Ada Festival Lampion

Candi Candi Budha: Candi Borobudur dan Candi Mendut adalah candi-candi Budha. Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di Dunia yang  setiap tahunnya menjadi pusat perayaan Hari Raya Waisak Nasional, termasuk tahun ini. Sementara Candi Mendut yang lokasinya tidak jauh dari Candi Borobudur, juga digunakan untuk perayaan Waisak. Perayaan di Candi Mendut berupa kirab yang dilakukan umat Buddha dengan berjalan kaki menuju ke Candi Borobudur. Candi Mendut dibangun pada 824 M, pada zaman wangsa Syailendra.

Maha Vihara Mojopahit:  Tepatnya berlokasi di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Di vihara ini terdapat  patung Buddha tidur terbesar ketiga di Asia Tenggara. Patung ini mempunyai panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter. Patung raksasa tersebut menggambarkan wafatnya Siddharta Gautama, dan dibangun menghadap ke arah Selatan (kiblat umat Buddha). 

WAISAK: Pelaku Wisata di Magelang, Siap Sambut Turis Waisak 2024 di Kompleks Candi Borobudur

Vihara Avalokitesvara:  Vihara ini adalah salah satu pusat utama pemujaan Buddha di Jawa Timur. Lokasinya berada di Pamekasan, Madura. Patung utama Avalokitesvara, juga dikenal sebagai Guan Yin, dan berbagai patung serta altar yang lebih kecil.

Vihara Sakyamuni Cetiya: Terletak di Kota Bandung, Jawa Barat. Vihara ini adalah tempat wisata religi Buddha utama di Bandung, dengan keistimewaan patung-patung Buddha yang indah dan taman yang damai.

Awas, Macet Karena Meningkatnya Volume Kendaraan Saat Long Weekend Hari Kenaikan Yesus Kristus

Taman Alam Lumbini: Adalah berupa kompleks candi yang memiliki replika Pagoda Shwedagon dari Myanmar, lebih dikenal sebagai Pagoda Taman Alam Lumbini. Lokasinya berada di Berastagi, Sumatera Utara. Taman Alam Lumbini memiliki taman yang indah, dan berbagai patung Buddha.

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva: Sementara di Kepulauan Riau (Kepri) terdapat destinasi wisata yang menarik yaitu Vihara Ksitigarbha Bodhisattva atau lebih dikenal dengan Vihara Seribu Patung.  Patung-patung tersebut menjadi daya tarik utama dari vihara yang terletak di Jalan Asia Afrika KM 14, Tanjung Pinang.  

Halaman Selanjutnya
img_title