WAISAK: Ada Perayaan Puncak Waisak, Jam Wisatawan ke Candi Borobudur Dibatasi, Ada Festival Lampion

Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Sumber :
  • magelangkab.go.id

Magelang, WISATA – Hari Raya Waisak jatuh pada hari Kamis, 23 Mei 2024.

Juru Bicara PT. Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Ryan Eka Permana Sakti mengatakan, kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah pada puncak perayaan Trisuci Waisak 2578 BE pada Kamis (23/5/2024) akan dilakukan pembatasan waktu.

Pengunjung hanya diperkenankan naik hingga batas waktu yang ditentukan.

Selain untuk menghormati umat Budha, pembatasan di zona satu ini, dilakukan untuk memberikan waktu bagi panitia melakukan sejumlah persiapan teknis agar kegiatan perayaan Waisak di Borobudur bisa berjalan dengan lancar.

"Pengunjung dapat dilayani dari pukul 06.30 hingga sesi empat, yakni pukul 11.30 WIB," kata Sakti saat ditemui di marga utama kompleks Candi Borobudur, Selasa (21/5/2024).

Menurut Sakti, terdapat sejumlah pembatasan waktu untuk wisatawan di zona satu, yaitu di pelataran candi maupun naik Candi Borobudur hingga ke sesi empat dari pukul 11.30 sampai dengan pukul 13.00 WIB.

Kemudian, dilanjutkan dengan proses pengkondisian, terkait dengan rangkaian ibadah detik-detik Waisak, dan nantinya akan disusul dengan festival lampion.

Sakti menambahkan, untuk pengunjung di zona dua atau di kawasan taman Candi Borobudur tidak dilakukan pembatasan waktu, namun diimbau agar tidak menganggu tim teknis dalam mempersiapkan acara festival lampion.

"Jam kunjungan reguler di zona dua masih sama seperti biasanya, tetapi kita harapkan nanti pengunjung bisa membantu kami dalam proses persiapan terkait dengan keluar masuknya tim untuk menyiapkan teknis perayaan Waisak," tambahnya.

Selain memberikan waktu bagi panitia Waisak dalam mempersiapkan kegiatan guna memperlancar acara, TWC juga sudah menyiapkan sejumlah langkah mengenai kantong parkir.

Diprediksi, pada puncak waisak atau festival lampion nanti, lebih dari 100 kendaraan baik roda dua, empat maupun enam datang ke tempat ini.

Keberadaan kantong parkir itu, lanjut Sakti, dikelola oleh warga setempat.

"Kantong parkir yang sudah dikoordinasikan dan sudah disiapkan oleh berbagai pihak. Yang jelas, akan ada dua kantong besar yang pertama di Dusun Janan dan Ngaran, serta lapangan Muhammadiyah," terangnya.

Biasanya, TWC menyediakan delapan sesi kunjungan bagi wisatawan yang naik ke struktur bangunan Candi Borobudur.

Adapun pada detik-detik Waisak pada Kamis (23/5/2024) hanya diperkenankan empat sesi yakni pukul 11.30 WIB.  

Sedangkan detik-detik perayaan Waisak dilaksanakan pukul 20.52.42 WIB, yang sebelumnya digelar beragam rangkaian perayaan Waisak seperti bakti sosial pengobatan gratis, ritual pengambilan api abadi, dan air berkah yang akan diikuti puluhan ribu umat Budha.

(Sumber: magelangkab.go.id)

Libur Hari Waisak, Berikut Rekomendasi Destinasi Wisata Religi Budha yang Wajib Dikunjungi