YOGYAKARTA: Festival Dalang Anak dan Remaja Kab. Sleman 2024, Upayakan Pelestarian Seni Tradisional

Festival Dalang Anak dan Remaja Pemkab Sleman 2024
Sumber :
  • infopublik.id

Yogyakarta, WISATA – Guna melestarikan dan mengembangkan seni pedalangan, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayaan) Sleman menggelar Festival Dalang Anak dan Remaja Tingkat Kabupaten Sleman, bertempat di Gedung Kesenian Kabupaten Sleman, Senin (20/5/2024).

Kegiatan festival dalang dibuka secara langsung oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, ditandai dengan pemukulan gong dan penyerahan wayang kepada salah satu dalang anak.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayaan) Sleman, Edy Winarya mengatakan, festival dalang ini merupakan media pembinaan pada seniman dalang dan menjadi sarana dalam memperkenalkan dasar-dasar seni pedalangan Gagrak Nyayogyakarta.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong tumbuh kembangnya seniman dan seniwati pedalangan usia dini yang berbakat di bidang seni pedalangan," imbuhnya.

Edy menambahkan, festival ini diperuntukan bagi dalang dengan rentang usia (dalang anak) 8 - 15 tahun, dan (dalang remaja) 16-20 tahun.

Festival dalang anak dan remaja dijadwalkan bakal dilaksanakan pada hari yang berbeda.

Kategori dalang anak berlangsung pada 20-21 Mei 2024, sedangkan dalang remaja berlangsung pada 22-23 Mei 2024.

Sementara itu, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan festival dalang anak dan remaja tingkat Kabupaten Sleman.

Menurut Kustini, festival ini selaras dengan upaya upaya pemerintah dalam mendukung bakat-bakat seni anak-anak untuk nguri-nguri kabudayan.

"Sudah seyogyanya kita merawat dan memelihara wayang sebagai aset bangsa. Oleh karena itu, saya harap dengan terselenggaranya festival menjadi sarana menumbuhkan kembali kecintaan generasi muda terhadap seni tradisional," ujar Kustini.

(Sumber: infopublik.id)

DRAKOR: Im Se-Mi Pertimbangkan Bintangi Drama Baru Terkait Olahraga Bersama Yoon Kye-Sang