WAISAK: Pelaku Wisata di Magelang, Siap Sambut Turis Waisak 2024 di Kompleks Candi Borobudur

Kemeriahan di Kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Sumber :
  • magelangkab.go.id

Magelang, WISATA – Para pelaku pariwisata di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah mempersiapkan diri dengan mengoptimalkan fasilitas dan sumber daya manusia menjelang kedatangan wisatawan yang akan mengikuti Perayaan Waisak di Kompleks Candi Borobudur.

Diperkirakan, akan terjadi peningkatan jumlah wisatawan, khususnya yang akan mengikuti prosesi Waisak dan festival lampion.

Edward Alfian selaku Ketua Forum Daya Tarik Wisata Kabupaten Magelang menyatakan, objek wisata di Kabupaten Magelang mempersiapkan diri sebagai efek limpahan wisatawan yang akan mengikuti perayaan Waisak.

"Kita menyiapkan semuanya, baik fasilitas maupun SDM, agar wisatawan yang datang ke wisata yang kita kelola, merasa puas," terang Edward (18/5/2024).

Edward mengaku menekankan pada fungsi layanan sebagai salah satu basic dalam pariwisata.

"Sebagus apapun fasilitas yang kita miliki tetapi secara SDM kurang, menjadi catatan, sehingga kita melakukan berbagai pelatihan SDM agar pelayanan yang diberikan bisa maksimal untuk pengunjung," tegas Edward.

Di tempat berbeda, Hatta, salah satu pengurus Himpunan Pemandu Indonesia (HPI) Kabupaten Magelang menambahkan, perayaan Waisak menjadi magnet wisatawan untuk berkunjung ke Candi Borobudur, terutama festival lampion yang juga dibuka untuk umum.

"Belajar dari tahun sebelumnya, biasanya ada permintaan baik langsung dari tamu maupun travel agen, yang meminta untuk dipandu selama prosesi Waisak hingga selesai, sehingga kami berencana mempersiapkan diri untuk menambah jumlah personel," ujar Hatta.

Menyambut perayaan Waisak 2024, seluruh anggota HPI Kabupaten Magelang dipersiapkan dan ditambah tenaga tambahan dari pemuda seputaran Borobudur agar bisa menjadi pemandu wisata.

(Sumber: magelangkab.go.id)

Liburan Sekolah Ayo Wisata di Magelang, Inilah Destinasi Populer yang Dapat Dikunjungi