Sumur Kuno 3.100 Tahun yang Ditutup Kalsium Karbonat di Yunani, Diduga Merupakan Tempat Ritual

Penampakan Dua Buah Sumur yang Berdampingan
Sumber :
  • archaeologymag.com

Malang, WISATA – Sepasang sumur tua telah ditemukan para arkeolog di Pulau Cephalonia, Yunani.

Tidak Disangka Orang Turki sudah Menulis Daftar Belanjaannya sejak 3.500 tahun Lalu

Penemuan ini, yang diumumkan oleh Kementerian Kebudayaan dan Olahraga Yunani pada tanggal 2 Agustus, dengan menjelaskan desain sumur yang cukup rumit serta potensi perannya dalam ekstraksi material dan kegiatan ritual. 

Terletak di puncak bukit Kotroni yang tidak dapat diakses di wilayah Lakithra, situs ini pertama kali diidentifikasi melalui foto udara di mana menunjukkan struktur melingkar yang menyembul di antara vegetasi yang lebat. Perkiraan awal adalah bahwa ini mungkin merupakan monumen pemakaman baru, mirip dengan Makam Tzanata yang dikenal dari zaman Mycenaean. Namun, penggalian mengungkapkan situs yang lebih kompleks.

Meja Ritual Zaman Perunggu dengan Peralatan Makan Keramik Ditemukan di Azerbaijan

Sumur-sumur tersebut, yang berusia setidaknya 3.100 tahun, dikelilingi oleh cincin batu yang disusun dengan cermat yang menopang lereng luar dan menambah kesan monumentalitas pada strukturnya. Cincin-cincin ini, dipadukan dengan tampilannya yang seperti gundukan, menunjukkan fungsi seremonial atau ritual di luar penggunaan praktisnya.

Di dalam sumur, para arkeolog menemukan bekas perkakas yang sangat terpelihara dengan baik dari ekstraksi batu kapur. Alur dengan kedalaman hingga 20 cm menunjukkan penggunaan balok kayu untuk menopang platform atau sistem pemindahan material. Akses ke sumur kemungkinan besar dilakukan melalui tangga kayu, terbukti dengan adanya tanda di batu. 

Inilah Murid-murid Plato yang Terkenal Beserta Latar Belakang dan Karya Utamanya

Penggalian menemukan beberapa lapisan tanah liat, batu, dan tembikar di situs tersebut. Pecahan-pecahan tembikar yang berasal dari Zaman Perunggu Akhir sengaja dipecah dan disebar di berbagai lapisan. Tindakan fragmentasi yang disengaja ini merupakan hal yang unik di Cephalonia dan kontras dengan akumulasi keramik pada monumen pemakaman. Lapisan-lapisan yang ditata dengan hati-hati dan pecahan tembikar yang disengaja menunjukkan perilaku seremonial yang belum pernah dijelajahi sebelumnya di wilayah tersebut.

Lapisan tebal kalsium karbonat putih murni menutup pintu masuk kedua sumur. Di sumur utara, sebuah kapal beralas datar, pecah menjadi dua bagian, ditemukan di lokasi terpisah, semakin menekankan kemungkinan maksud ritual dari tindakan tersebut. 

Halaman Selanjutnya
img_title