UGM: Mahasiswa FKG Bikin Permen Karet Pengangkat Plak Gigi dari Ekstrak Kulit Buah Naga

Permen Karet “Draco-chew", Hasil Karya Mahasiswa UGM
Sumber :
  • ugm.ac.id

Yogyakarta, WISATA – Tingginya kasus karies pada masyarakat terutama usia anak-anak di Indonesia, menjadi perhatian 5 mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Gadjah Mada (UGM).

Para mahasiswa ini melakukan penelitian untuk mengembangkan produk permen karet yang mengandung ekstrak kulit buah naga untuk mendeteksi dan mengangkat plak gigi sebagai inovasi pencegahan karies.

Penelitian permen karet yang dinamakan “Draco-chew” dilakukan oleh Fatimah Islamia, Tyasadwi Bumi, Lutfia Nur Shabrina, Desika Yuspina Nurhidayah, dan Dyza Fathmasari Danisworo.

Mereka adalah mahasiswa FKG UGM angkatan 2023, di bawah bimbingan Dr. drg. Alma Linggar Jonarta, M.Kes dari Departemen Biologi Oral FKG UGM.

9 Makanan Ini Dilarang di Berbagai Negara, Ada Salmon sampai Sirip Hiu

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UGM

Photo :
  • ugm.ac.id
Penelitian ini mendapatkan pendanaan dari Kemendikbudristek RI di bawah skema Program Kreativitas Mahasiswa bidang Riset Eksakta (PKM-RE) tahun 2024.

Terkait pemilihan nama permen “Draco-chew”, Fatimah mengatakan, nama tersebut diambil dari nama bahan yang dari ekstrak kulit buah naga, yang berasal dari kata Dragon fruit (buah naga) dan chewing (mengunyah).

Menurut Fatimah, pembuatan produk ini dilatarbelakangi dari masalah karies atau
Halaman Selanjutnya
img_title