Tidak Disangka Orang Turki sudah Menulis Daftar Belanjaannya sejak 3.500 tahun Lalu

Daftar Belanjaan Kuno dari Turki
Sumber :
  • X/Mehmet Nury Ersoy

Malang, WISATA – Orang Turki telah menulis daftar belanja barang yang akan dibeli sejak zaman dahulu. Terbukti ditemukannya daftar belanjaan furniture dalam bentuk tablet dengan huruf paku

Sumur Kuno 3.100 Tahun yang Ditutup Kalsium Karbonat di Yunani, Diduga Merupakan Tempat Ritual

Hal ini menunjukkan bahwa struktur ekonomi dan sistem negara telah maju pada saat itu. 

Sebuah tablet dengan huruf paku berusia 3.500 tahun yang merinci daftar belanja furnitur lengkap telah ditemukan di situs Aççana Mound, juga dikenal sebagai kota kuno Alalah, di Provinsi Hatay, Turki selatan. 

Meja Ritual Zaman Perunggu dengan Peralatan Makan Keramik Ditemukan di Azerbaijan

Tablet tersebut ditemukan saat pekerjaan restorasi di kota tua Alalah, yang merupakan bagian dari proyek rekonstruksi pasca gempa. Lokasi penggalian yang kini berupa gundukan besar seluas kurang lebih 22 hektar ini terletak di distrik Reyhanlı, Hatay, dekat perbatasan dengan Suriah. Alalah adalah pemukiman perkotaan yang berkembang pada milenium ke-2 SM, yang sebagian besar dihuni oleh orang Amori, orang-orang Zaman Perunggu dari Levant. 

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki, Mehmet Ersoy, mengumumkan penemuan tersebut dan berkata, “Kami yakin tablet seberat 28 gram ini akan memberikan perspektif baru tentang pemahaman kita tentang kekayaan warisan Anatolia untuk generasi mendatang.” 

Kerangka Berusia 9.000 Tahun Mengungkap ‘Kutukan’ Kota Kuno Çatalhöyük

Tablet yang berasal dari abad ke-15 SM ini berukuran 4,2 kali 3,5 cm dengan ketebalan 1,6 cm dan berat sekitar 28 gram. Ditulis dalam huruf paku Akkadia, teks tersebut memberikan catatan administratif pembelian furnitur dalam jumlah besar, termasuk meja, kursi, dan bangku kayu. Akkadian, sebuah bahasa Semit yang telah punah, digunakan secara luas di Timur Dekat kuno dan dianggap sebagai bahasa Semit paling awal yang diketahui. Aksara paku, yang memiliki ciri khas berbentuk baji, adalah salah satu sistem penulisan tertua yang diketahui, awalnya dikembangkan oleh bangsa Sumeria di Mesopotamia. 

Ahli bahasa dan peneliti, termasuk Associate Professor Dr. Jacob Lauinger dan mahasiswa doktoralnya Zeynep Türker dari Universitas Johns Hopkins, telah dengan cermat menguraikan tablet tersebut. Prasasti tersebut tidak hanya mengungkapkan barang yang dibeli tetapi juga informasi rinci tentang pembeli dan penjual yang terlibat dalam transaksi tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title