Mengenal Legetan (Acmella oleracea) yang Tanaman Bunganya Viral di Pronojiwo

Daun dan Bunga Legetan
Sumber :
  • Instagram/ila_royanti_

Malang, Wisata – Bermula dari sebuah postingan viral yang menyuguhkan pemandangan yang menyejukkan mata. Terhampar seluas mata memandang, tanaman berbunga kuning dengan latar belakang Gunung Semeru.

LUMAJANG: Ini Lho, Bukit B-29, Keajaiban Alam Indonesia yang Menawarkan Pesona Gunung di Ketinggian

Keindahan kebun tanaman tersebut segera menarik perhatian pengguna media sosial. Akhirnya diketahui bahwa kebun yang indah itu terletak di Pronojiwo, Kabupaten Lumajang

Apakah Ini Legetan?

Photo :
  • Instagram/syaifularieef
Hassan Sunny, Kiper Timnas Singapura Jadi Miliarder Mendadak Setelah Jegal Thailand, Kok Bisa?

Dan tanaman berbunga kuning tersebut disebut legetan (Acmella oleracea) atau ada juga yang menamainya jotang. Legetan berasal dari Amerika tropis, lalu menyebar ke Asia Tenggara, Asia Selatan, China Selatan dan juga Pasifik. Legetan digunakan oleh sebagian masyarakat sebagai obat tradisional. Bunganya digunakan sebagai obat gusi berdarah dan sakit gigi sedangkan akarnya sebagai obat diare. Di India daunnya bisa dimakan sebagai lalapan dan dimasak sebagai sayur. 

Dari berbagai daerah di Indonesia, mempunyai nama yang berbeda untuk menyebut legetan, misalnya Gatang (Minangkabau), Jotang huma (Sunda), Gletang, Legetan, Srunen, Seruni sapi (Jawa), Rat-carat (Madura), Baga (Ternate).

Gunung Semeru Erupsi Lagi, Pemerintah Himbau Masyarakat Menjauh Radius 5 Km

Inilah taksonomi tanaman legetan: 

  • Divisi: Tracheophyta
  • Ordo: Asterales
  • Famili: Asteraceae
  • Genus: Acmella 
Halaman Selanjutnya
img_title