9 Khasiat Unik Bengkuang: Salah Satunya Merupakan Sayuran Ramah Diabetes

Bengkuang
Sumber :
  • Instagram/ayurvedayogatherapy

Malang, WisataBengkuang adalah sayuran dengan umbi akar yang renyah dan berair yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Walau begitu, bengkuang termasuk keluarga kacang-kacangan dengan nama ilmiahnya adalah Pachyrhizus erosus. 

Apa Lagi Khasiat Kapulaga selain Aromatik dan Kuliner? Inilah 10 Manfaatnya yang Luar Biasa

Bengkuang adalah sayuran besar berkulit coklat yang tumbuh hingga panjang 20 inci. Daging bengkuang berwarna putih dan renyah, rasanya sedikit manis. Secara nutrisi, bengkuang rendah kalori dan pati, serta kaya serat dan vitamin C. Jumlah kalorinya menjadikannya pilihan yang sehat jika Anda mencoba untuk tetap sehat. 

10 Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan

7 Khasiat Cengkih yang Menakjubkan, dari Antiinflamasi sampai Antioksidan

1. Tinggi Serat: Serat bengkuang membantu pencernaan, penurunan berat badan, dan pengendalian gula darah. 

2. Prebiotik: Bengkuang mengandung inulin, sejenis prebiotik yang memberi makan bakteri baik di usus Anda. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan kekebalan tubuh. 

Mengenal Manfaat Pohon Kersen (Muntingia Calabura) bagi Kesehatan dan Lingkungan

3. Indeks Glikemik Rendah: Banyak sekali manfaat bengkuang bagi penderita diabetes. Bengkuang memiliki indeks glikemik rendah atau beban glikemik rendah. Itu tidak membuat kadar gula darah Anda naik. Anda juga bisa memakannya sebagai camilan, tumisan dan tidak akan meningkatkan kadar gula Anda.

4. Sumber Antioksidan yang Baik: Bengkuang melindungi sel dari kerusakan. Kedua senyawa ini membantu melindungi lapisan dalam usus dan membuat Anda tetap sehat. 

Halaman Selanjutnya
img_title