Mengenal Manfaat Pohon Kersen (Muntingia Calabura) bagi Kesehatan dan Lingkungan

Pohon Kersen
Sumber :
  • Koleksi Elly Martyasrini

Malang, WISATA – Pohon Kersen, yang juga dikenal dengan nama pohon talok, ceri Barbados, atau kersen (Muntingia Calabura), adalah tanaman tropis yang sering ditemukan di Indonesia dan negara-negara beriklim tropis lainnya.

10 Manfaat Leci untuk Kesehatan dari Menjaga Keseimbangan Elektrolit sampai Kesehatan Kardiovaskuler

Selain memberikan buah yang manis dan lezat, pohon kersen memiliki berbagai manfaat kesehatan dan lingkungan yang signifikan. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari pohon kersen beserta penggunaannya:

1. Manfaat Kesehatan

Apa Lagi Khasiat Kapulaga selain Aromatik dan Kuliner? Inilah 10 Manfaatnya yang Luar Biasa

- Antioksidan: Buah kersen kaya akan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

- Antiinflamasi dan Analgesik: Daun kersen telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan peradangan dan rasa sakit. Ekstrak daun kersen diketahui memiliki efek antiinflamasi dan analgesik.

9 Khasiat Unik Bengkuang: Salah Satunya Merupakan Sayuran Ramah Diabetes

- Antibakteri: Ekstrak daun kersen juga menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap beberapa patogen, menjadikannya bermanfaat dalam pengobatan infeksi bakteri .

- Penurun Gula Darah: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kersen dapat membantu menurunkan kadar gula darah, sehingga potensial sebagai pengobatan tambahan bagi penderita diabetes .

Halaman Selanjutnya
img_title