Presiden Jokowi Bahas Kerja Sama Strategis dengan Presiden MBZ di Abu Dhabi

Presiden Jokowi Bahas Empat Hal Saat Bertemu Presiden MBZ di Abu Dhabi
Sumber :
  • presidenri.go.id

Jakarta, WISATA - Dalam kunjungan kenegaraannya ke Persatuan Emirat Arab (PEA), Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di Qasr Al Watan, Abu Dhabi, pada Rabu, 17 Juli 2024. Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi mengangkat empat isu utama, yakni kerja sama perdagangan, investasi strategis, energi bersih dan iklim, serta sosial budaya.

Jokowi Buka HLF MSP dan IAF 2024: Indonesia Tegaskan Peran Penting dalam Pencapaian SDGs

Kerja Sama Perdagangan

Terkait kerja sama perdagangan, Presiden Jokowi menyatakan kegembiraannya atas penyelesaian perundingan Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA). Hal ini menjadikan PEA sebagai negara Timur Tengah pertama yang memiliki kerja sama CEPA dengan Indonesia.

Di Tengah Ketidakpastian Global, Jokowi Tegaskan Pentingnya Visi Baru untuk Pembangunan Dunia

“Saya juga menyambut baik kerja sama sistem pembayaran antara Bank Indonesia dan bank sentral UAE, serta kerja sama pembangunan kapal LPD untuk Angkatan Laut UAE oleh PT PAL Indonesia. Saya yakin semua ini akan memberikan manfaat positif bagi perdagangan kedua negara,” ujar Presiden Jokowi.

Kerja Sama Investasi Strategis

Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia: KEK sebagai Tonggak Infrastruktur Nasional

Presiden Jokowi mengatakan bahwa investasi PEA di Indonesia semakin kuat, dan salah satu fokus Indonesia saat ini adalah pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan hilirisasi industri.

Kerja Sama Iklim dan Energi Bersih

Halaman Selanjutnya
img_title