Kawasan Malino, Daya Tarik Wisata di Kabupaten Gowa yang Indah dan Sejuk

Hutan Pinus Malino
Sumber :
  • instagram lembanna_id repost @thariqrasyidi

Makassar, WISATAMalino merupakan kawasan wisata di Kabupaten Gowa yang memiliki panorama alam yang indah dan udara yang sejuk dan dingin. Dengan tinggi 1.500 di atas permukaan laut, kawasan ini memiliki destinasi berupa Hutan Wisata Malino, atau lebih dikenal dengan sebutan hutan pinus yang terdiri dari deretan pohon pinus yang tumbuh tinggi, kokoh dan rindang. 

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei, Tingkatkan Cinta Tanah Air dan Semangat Nasionalisme

Selain hamparan hutan pinus, terdapat pula tumbuhan yang sering diminati oleh pendaki gunung yaitu edelweiss dan pohon turi yang bunganya berwarna oranye. Bunga masamba juga tumbuh dengan baik dalam cuaca dingin seperti di Malino bahkan warnanya berubah tiap bulan dari hijau, kuning, hingga putih. 

Di sekitar kawasan hutan pinus terdapat beberapa tempat wisata yang dapat menjadi alternatif kunjungan yaitu air terjun Takapala, air terjun Lembanna, pemandian Lembah Biru, dan perkebunan teh milik Nittoh (Jepang).

Gamma Grape Experience Tempat Wisata Petik Buah Baru yang Wajib bagi Anda Penggemar Anggur

Air terjun Takapala Malino

Photo :
  • instagram takapalawaterfall

Malino juga terkenal sebagai penghasil sayur-mayur khas daerah pegunungan. Hasil sayur mayur dan juga aneka tanaman hias dijual di pasar Malino. Pasar ini juga merupakan destinasi wisata pilihan para wisatawan karena menyediakan banyak barang yang dapat dibeli sebagai oleh-oleh khas. Selain sayuran segar dan aneka bunga, terdapat pula buah markisa, tengteng kacang, alpukat, ikan masak, jenang, dodol markisa, sirup markisa, dan masih banyak lagi oleh-oleh khas lainnya.

Legenda Belanda Tak Sabar Hadapi Timnas Indonesia dalam Laga Uji Coba: "Mereka Saudara Jauh Kami"

Pemandian Lembah Biru di Malino

Photo :
  • instagram parawisatamalino

Lokasi kawasan Malino ini walaupun terletak di Kabupaten Gowa, namun tidak terlalu jauh dari Kota Makassar, sehingga banyak wisatawan dari Makassar yang berkunjung ke sana karena merasa sudah dekat dan sayang sekali jika tidak mengunjungi Malino. Jarak antara Malino dan Kota Makassar sekitar 90 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu tiga jam perjalanan. 

Halaman Selanjutnya
img_title