Media Vietnam Kritik Perubahan Jadwal Kick Off oleh Shin Tae-yong, Timnas Indonesia Diuntungkan?

Shin Tae-yong
Sumber :
  • pssi.org

Jakarta, WISATA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kembali menjadi sorotan setelah permintaannya untuk mengubah jadwal kick off pertandingan melawan Irak disetujui. Perubahan ini dianggap kontroversial oleh media Vietnam, Soha VN, yang menilai bahwa keputusan tersebut bisa merugikan Timnas Vietnam dalam persaingan kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Optimisme Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia dijadwalkan untuk menghadapi Irak pada 6 Juni 2024 dengan kick off pada pukul 16.00 WIB, lebih awal dari biasanya. Selain itu, laga melawan Filipina akan digelar pada 11 Juni 2024.

Alasan di Balik Perubahan Kick Off

SHIN TAE-YONG: Tok....Sudah Resmi Ya, PSSI Perpanjang Kontrak STY

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, mengakui bahwa perubahan waktu pertandingan ini merupakan permintaan langsung dari Shin Tae-yong. "Pertandingan melawan Irak akan digelar sore, ini permintaan Shin Tae-yong," kata Sumardji seperti diberitakan oleh Soha VN pada Senin (20/5/2024).

Implikasi Strategis bagi Timnas Vietnam

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026: Ada di Grup C, Erick Thohir Bilang Memang Berat, Tapi Bola Itu Bundar

Soha VN mengkritik bahwa pertandingan pada sore hari dapat menyebabkan kelelahan bagi pemain, terutama bagi pemain abroad yang baru bergabung dengan Timnas Indonesia, seperti Nathan Tjoe-A-On dan Thom Haye. Meski demikian, media ini melihat perubahan jadwal tersebut sebagai strategi Shin Tae-yong untuk memberikan tekanan psikologis kepada Timnas Vietnam.

"Sangat wajar jika Timnas Indonesia ingin memberikan tekanan pada Vietnam. Jika sesuai dengan jadwal, maka waktu pertandingan akan bermain di waktu yang bersamaan," tulis Soha VN. Dengan perubahan ini, Timnas Indonesia akan bermain dua jam lebih awal. Hal ini berarti ketika pertandingan Indonesia melawan Irak selesai, Vietnam baru akan memulai laga melawan Filipina.

Halaman Selanjutnya
img_title