dr. Zaidul Akbar: Minuman Ajaib dari Rempah untuk Kesehatan, Salah Satunya Adalah The Power of Six

Mnuman sehat
Sumber :
  • pixabay

WISATA – Rempah-rempah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama sebagai sumber nabati yang bisa memperbaiki atau mengubah gen-gen pada tubuh. Menurut dr Zaidul Akbar, seorang ahli kesehatan dan pakar obat herbal, beberapa jenis rempah dapat dibuat minuman ajaib yang menyehatkan dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

RESEP: 3 Hidangan Penuh Rempah dari Dapur India

Rempah-rempah adalah bagian tumbuhan yang beraroma atau berasa kuat yang digunakan dalam jumlah kecil di makanan sebagai pengawet atau perisa dalam masakan. Rempah-rempah biasanya dibedakan dengan tanaman lain yang digunakan untuk tujuan yang mirip, seperti tanaman obat, masakan beraroma, dan lain lain.

Rempah-rempah

Photo :
  • pixabay
Spa Tradisional Indonesia sebagai Wellness Etnaprana: Perpaduan Alam, Budaya, dan Kearifan Lokal

Berikut ini adalah resep minuman dari rempah-rempah yang bermanfaat untuk kesehatan menurut dr Zaidul Akbar:

1. Power of Six: Minuman rempah yang dinamakan Power of Six oleh dr. Zaidul Akbar ini menggunakan enam jenis rempah-rempahan, karenanya dinamakan Power of Six. Rempah-rempah tersebut adalah 1 ruas jahe, 1 batang serai, 1 ruas kunyit, ½  ruas temu lawak, ½ ruas kencur, dan ¾ kayu manis. Cara membuatnya adalah dengan merebus semua bahan tersebut dalam air secukupnya hingga mendidih, lalu menyaringnya dan menambahkan perasan jeruk nipis. Minuman ini di klaim bisa meningkatkan imunitas, membersihkan racun dalam tubuh dan mencegah penyakit.

Mengenal So'oso, Perawatan Lulur Khas Madura sebagai Wellness dan Etnaprana Indonesia

2. Serai dan Daun Pandan: Serai termasuk rempah yang berkhasiat bisa membersihkan tubuh. Khasiat serai akan semakin bermanfaat apabila dicampurkan dengan daun pandan.  Cara mengolahnya adalah dengan membuat potongan-potongan kecil serai dan daun pandan, kemudian dimasukkan ke dalam air panas atau hangat di dalam gelas. Minuman ini cocok diminum setiap hari untuk mendapat khasiatnya. Minuman ini juga lebih sehat dan cocok untuk menggantikan the saset yang biasa anda pakai.

Halaman Selanjutnya
img_title