Wisata Kuliner: Belajar Atasi Mabuk Alkohol dari Drama Korea, Makan Sup Anti Pengar.

Samgyetang, Sup Ayam Ginseng
Sumber :
  • pixabay/cegoh

Korea, WISATA - Sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, tentunya kita jarang bertemu dengan orang yang mabuk alkohol. Itu karena alkohol merupakan cairan memabukkan yang diharamkan agama Islam. Namun bagi penggemar drama Korea, pasti dapat dengan mudah menemukan adegan mabuk di banyak judul drama. Dan yang menjadi andalan untuk mengatasi mabuk alkohol adalah sup anti pengar. Oya, tidak usah menjadi perdebatan ya, di Korea memang diperbolehkan minum alkohol untuk warga yang sudah berusia 20 tahun ke atas.

RESEP: Cara Memasak Sate Klopo Ondomohen yang Terkenal dengan Cita Rasa Khas

Kata pengar mungkin agak asing bagi sebagian orang di Indonesia, namun tidak dengan penggemar drama Korea. Kata pengar ada dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dan artinya adalah berasa agak pening setelah bangun dari tidur yang tidak nyenyak atau habis mabuk alkohol. Nah, dengan mengonsumsi sup anti pengar, para tokoh di drama Korea dapat lebih segar di pagi hari setelah malamnya minum-minum.

Banyak adegan minum-minum hingga mabuk alkohol di drama Korea. Biasanya adegan minum-minum itu terkait dengan peristiwa sedang sedih karena putus cinta, sedang makan bersama dengan rekan sekantor dan merayakan sesuatu, sedang kumpul-kumpul dengan teman, sedang taruhan sesuatu, dan banyak lagi lainnya.

RESEP: Hidangan Bayam Side Dish ala Korea Modifikasi

Yang lucu adalah tingkah para tokoh jika sudah mabuk, yaitu sering melakukan hal-hal konyol yang biasanya tidak sadar dilakukan. Nah, sup anti pengar ala Korea itu kayak gimana, sih? Simak beberapa variannya berikut ini.

1. Haejangguk

Inilah 9 Top Kuliner di Magelang yang Menggoda Selera

Haejangguk adalah hidangan khas Korea yang dimakan untuk menyadarkan orang dari mabuk alkohol. Bahan utamanya adalah tulang kaki, sandung lamur dan intestin sapi yang direbus dan dicampur dengan pasta kedelai dan gumpalan darah sapi. Hidangan ini termasuk jenis masakan kuno karena tertulis di buku masakan dinasti Joseon. 

2. Samgyetang

Halaman Selanjutnya
img_title