Indonesia Raih Penghargaan Internasional Inovasi di Ajang World Young Inventors Exhibition 2024

Mahasiswa Undip Meraih Penghargaan Internasional
Sumber :
  • undip.ac.id

Semarang, WISATA – Indonesia patut berbangga hati karena 3 orang mahasiswa dari Universitas Diponegoro (UNDIP) yang merupakan Tim AquaCultiva meraih dua penghargaan bergengsi pada kompetisi ini yaitu penghargaan Best Young Inventor Champion Excellence Award dan Gold Medal Award. 

UNDIP Hadirkan Teknologi Desalinasi Air Laut untuk Atasi Krisis Air Minum di Pantura

Pada ajang World Young Inventors Exhibition 2024, tim dari UNDIP meraih penghargaan bidang inovasi irigasi dan nutrisi pertanian

Tim AquaCultiva tersebut berangggotakan 3 orang mahasiswa dari jurusan Teknik Elektro UNDIP, masing-masing adalah Guntur Awaludin Saptadi, Gevin Faza Qinthara dan Andromedha Anjar Wasari. 

Animo Peserta UTBK-SNBT 2024 di UNDIP Meningkat Pesat

Pada ajang World Young Inventors Exhibition 2024 yang diadakan di Kuala Lumpur Convention Center (KLCC) ini, perwakilan dari UNDIP tersebut mengusung projek berjudul ‘Smart Irrigation and Control Nutrient System for Sustainable Agriculture’ 

Dilansir dari undip.ac.id., kompetisi yang diselenggarakan oleh Malaysian Invention and Design Society (MINDS) ini menarik perhatian 700 tim dari 15 negara, termasuk China, Saudi Arabia, Malaysia, Oman, Thailand, Hong Kong, Indonesia, Taiwan, Korea, Australia, Qatar, Vietnam, UAE, United States, dan Canada. Persaingan yang ketat tidak menghalangi tim AquaCultiva untuk menunjukkan keunggulan inovasi mereka dan membawa pulang penghargaan prestisius tersebut.

Keren! Paduan Suara Undip Semarang Raih Hadiah Kedua Kompetisi Paduan Suara Internasional Taipei

Menurut Andromedha Anjar Wasari, salah satu anggota tim, prestasi AquaCultiva di World Young Inventors Exhibition 2024 ini bukan hanya sekadar kemenangan dalam sebuah kompetisi, tetapi juga sebuah langkah maju dalam menghadirkan solusi berkelanjutan untuk pertanian di Indonesia.” 

Inovasi yang ditawarkan oleh AquaCultiva tidak hanya terbatas pada pengaturan irigasi dan nutrisi. Sistem ini juga dapat dikendalikan dari jarak jauh melalui aplikasi mobile yang dikembangkan khusus untuk memudahkan pengguna. Lebih menarik lagi, AquaCultiva menggunakan Machine Learning untuk memahami kondisi tanaman dan menyesuaikan waktu penyiraman berdasarkan cuaca dan kebutuhan tanaman secara adaptif. Pendekatan ini memastikan bahwa tanaman mendapatkan jumlah air dan nutrisi yang tepat, mendukung pertumbuhan optimal dan berkelanjutan. 

Halaman Selanjutnya
img_title