Ternyata T. Rex Tidak Secerdas yang Diklaim Sebelumnya, Meskipun Mempunyai Jumlah Neuron Tinggi

Tyrannosaurus rex yang Dikenal sebagai T-rex
Sumber :
  • Instagram/realhistoryuncovered

Malang, WISATA – Dinosaurus sama pintarnya dengan reptil, namun tidak secerdas monyet, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian sebelumnya. 

Seberapa Besar Ukuran Dinosaurus Sebenarnya? Ini Jawabannya

Sebuah tim internasional yang terdiri dari ahli paleontologi, ilmuwan perilaku dan ahli saraf telah memeriksa ulang ukuran dan struktur otak dinosaurus dan menyimpulkan bahwa perilaku mereka lebih mirip buaya dan kadal. 

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu, diklaim bahwa dinosaurus seperti T. rex memiliki jumlah neuron yang sangat tinggi dan jauh lebih cerdas dari yang diperkirakan. Dikatakan bahwa jumlah neuron yang tinggi ini dapat secara langsung memberikan informasi tentang kecerdasan, metabolisme dan riwayat hidup dan bahwa T. rex agak mirip monyet dalam beberapa kebiasaannya. Transmisi pengetahuan secara budaya serta penggunaan alat disebut-sebut sebagai contoh ciri-ciri kognitif yang mungkin dimilikinya.

Banyak hal yang Dipelajari Evolusi Dinosaurus Alvarezsaurid yang Ditemukan di Uzbekistan

Namun studi baru, yang diterbitkan hari ini di The Anatomical Record, melibatkan Hady George dari Universitas Bristol, Dr Darren Naish (Universitas Southampton) dan dipimpin oleh Dr Kai Caspar (Universitas Heinrich Heine) dengan Dr Cristian Gutierrez-Ibanez (Universitas Alberta) dan Dr Grant Hurlburt (Museum Royal Ontario) mengamati lebih dekat teknik yang digunakan untuk memprediksi ukuran otak dan jumlah neuron pada otak dinosaurus. Tim menemukan bahwa asumsi sebelumnya tentang ukuran otak dinosaurus dan jumlah neuron di otak mereka, tidak dapat diandalkan. 

Penelitian ini mengikuti analisis selama puluhan tahun yang dilakukan oleh ahli paleontologi dan biologi yang meneliti ukuran dan anatomi otak dinosaurus serta menggunakan data ini untuk menyimpulkan perilaku dan gaya hidup. Informasi tentang otak dinosaurus berasal dari mineral yang mengisi rongga otak, yang disebut endocast, serta bentuk rongga itu sendiri. 

Kemunculan Dinosaurus secara Bertahap, Berdasarkan Bukti Fosil Baru

Tim menemukan bahwa ukuran otak mereka terlalu dilebih-lebihkan, terutama ukuran otak depan  sehingga neuron juga ikut diperhitungkan. Selain itu, penelitian tersebut menunjukkan bahwa perkiraan jumlah neuron bukanlah panduan kecerdasan yang dapat diandalkan.

Untuk merekonstruksi biologi spesies yang telah lama punah secara andal, tim berpendapat, para peneliti harus melihat berbagai bukti, termasuk anatomi kerangka, histologi tulang, perilaku kerabat yang masih hidup dan jejak fosil. “Menentukan kecerdasan dinosaurus dan hewan punah lainnya paling baik dilakukan dengan menggunakan banyak bukti mulai dari anatomi kasar hingga jejak kaki fosil daripada hanya mengandalkan perkiraan jumlah neuron,” jelas Hady dari Sekolah Ilmu Bumi Bristol. 

Halaman Selanjutnya
img_title