Dinosaurus 'Berdarah Panas' Pertama Muncul 180 Juta Tahun yang Lalu

Theropoda
  • Instagram/naturaltaleneducation

Malang, WISATA – Kemampuan untuk mengatur suhu tubuh, suatu sifat yang dimiliki semua mamalia dan burung saat ini, mungkin telah berevolusi di antara beberapa dinosaurus pada awal periode Jurassic sekitar 180 juta tahun yang lalu, menurut sebuah studi baru yang dipimpin oleh peneliti UCL dan Universitas Vigo.

Kemunculan Dinosaurus secara Bertahap, Berdasarkan Bukti Fosil Baru

Pada awal abad ke-20, dinosaurus dianggap bergerak lambat, hewan berdarah dingin seperti reptil modern, yang mengandalkan panas matahari untuk mengatur suhunya. Penemuan baru menunjukkan beberapa jenis dinosaurus kemungkinan mampu menghasilkan panas tubuh mereka sendiri tetapi kapan adaptasi ini terjadi tidak diketahui.

Studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology ini mengamati penyebaran dinosaurus di berbagai iklim di Bumi sepanjang Era Mesozoikum (era dinosaurus yang berlangsung dari 230 hingga 66 juta tahun lalu), berdasarkan 1.000 fosil, model iklim dan geografi periode tersebut dan pohon evolusi dinosaurus.

Ceruk di Gunung Tiongkok Mengungkap 20.000 Fosil Prasejarah yang Pulih setelah Kepunahan Masal

Tim peneliti menemukan bahwa dua dari tiga kelompok utama dinosaurus, theropoda (seperti T. rex dan Velociraptor) dan ornithischia (termasuk kerabat pemakan tumbuhan Stegosaurus dan Triceratops), berpindah ke iklim yang lebih dingin selama Jurassic Awal, menunjukkan bahwa mereka mungkin telah mengembangkan endotermi (kemampuan untuk menghasilkan panas secara internal) saat ini. Sebaliknya, sauropoda, kelompok utama lainnya yang mencakup Brontosaurus dan Diplodocus, tinggal di wilayah yang lebih hangat di planet ini.

Penelitian sebelumnya telah menemukan ciri-ciri yang terkait dengan sifat berdarah panas di antara ornithischia dan theropoda, dengan beberapa diketahui memiliki bulu atau bulu proto, yang dapat mengisolasi panas internal

Penyebab Punahnya Dinosaurus Bukan Hanya karena Meteorit

Penulis pertama Dr Alfio Alessandro Chiarenza, dari UCL Earth Sciences, mengatakan: “Analisis kami menunjukkan bahwa preferensi iklim yang berbeda muncul di antara kelompok dinosaurus utama sekitar waktu peristiwa Jenkyns 183 juta tahun yang lalu, ketika aktivitas gunung berapi yang intens menyebabkan pemanasan global dan kepunahan dari kelompok tumbuhan.

“Saat ini banyak bermunculan kelompok dinosaurus baru. Penerapan endotermi, mungkin akibat dari krisis lingkungan ini, memungkinkan theropoda dan ornithischia berkembang di lingkungan yang lebih dingin, memungkinkan mereka menjadi sangat aktif dan mempertahankan aktivitas dalam jangka waktu yang lebih lama, untuk berkembang dan tumbuh lebih cepat serta menghasilkan lebih banyak keturunan.”