Masyarakat Diajak Bergabung di HUT Kemerdekaan RI Ke-78, Tiga Side Event Sudah Disiapkan Pemerintah

ilustrasi komunitas berkebaya
Sumber :
  • koleksi pribadi

Wisata – Untuk kegiatan peringatan hari kemerdekaan RI ke-78, Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sudah menyiapkan berbagai side event atau kegiatan menarik dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat di seluruh tanah air.

Memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke – 78, Majelis Taklim Aisyah Berkebaya Keliling Kota

Dilansir dari infopublik.id, Wamenparekraf/Wakabaparekraf mengatakan bahwa telah disiapkan tiga side events yang dirancang untuk membangkitkan semangat kebangsaan dan kebanggaan atas tradisi dan budaya Indonesia.

Side event pertama adalah representasi pagelaran angklung terbesar di dunia. Dimana tujuannya adalah untuk meningkatkan rasa kecintaan masyarakat terhadap budaya Indonesia, khususnya angklung. Pagelaran ini akan melibatkan lebih dari 15 ribu pemain angklung yang akan memainkan lagu nasional ‘Berkibarlah Benderaku’ dan lagu ‘Wind of Changes’. Even ini akan diadakan pada Sabtu, 5 Agustus 2023 pukul 19.30 – 21.00 WIB. Pagelaran ini akan dipandu oleh Saung Angklung Mang Udjo.

INFO LOKER: Jangan Lewatkan "Sukoharjo Job Fair 2024', Ada 40 Perusahaan Ternama Cari Karyawan

Ilustrasi komunitas angklung

Photo :
  • IG/direktoribintaro

Side event yang kedua adalah Istana Berkebaya dengan tujuan mengangkat nasionalisme melalui budaya berkebaya. Istana Berkebaya merupakan peragaan busana kebaya yang menghadirkan 401 peserta dengan catwalk sepanjang 200 meter di area luar depan Istana Merdeka pada Minggu, 6 Agustus pukul 15.30 – 17.45 WIB. Dalam acara ini kebaya tidak hanya dikenakan oleh tokoh-tokoh wanita inspiratif Indonesia, tetapi juga mengajak masyarakat luas untuk ikut berpartisipasi. Istana Berkebaya akan mendapat dukungan dari koreografer Denny Malik serta Fida Alisyahbana dari Jakarta Fashion Week.

Lee Sang-Yi dan Han Ji-Hyun Jadi Pemeran Utama Drama Spin-Off Baru Berjudul ‘The CEO’s Meal Plan’

Selanjutnya side event ketiga adalah acara puncak peringatan pada 17 Agustus 2023,  dengan berbagai rangkaian acara baik di dalam maupun di luar Istana. Dan salah satunya adalah Gemilang Silang Monas, yaitu petunjukan video mapping yang akan dilangsungkan di Monas dan Bunderan HI pukul 15.30 – 22.00 WIB. Acara ini akan diisi dengan pertunjukan seni tari, bazar UMKM, persembahan musik, hingga kembang api.

Halaman Selanjutnya
img_title