KULINER: Gohu Ikan Warisan Budaya dari Maluku Utara yang Dikenal sebagai Sashimi Ternate yang Lezat

Gohu Ikan
Sumber :
  • IG/puspita_nagari_

Ternate, WISATA – Gohu Ikan adalah sajian khas dari Ternate, Maluku Utara, yang terbuat dari ikan mentah, biasanya ikan tuna atau ikan cakalang. Dalam bahasa lokal, gohu berarti memakan suatu makanan secara mentah. Gohu Ikan sering disebut sebagai Sashimi Ternate atau Ceviche Ternate.

KULINER: Asal Usul Nama Bubur Kampiun Sajian Lezat dari Tanah Minang, Begini Cara Membuatnya!

Dalam pembuatannya, daging ikan segar yang kenyal dipotong kecil-kecil dan dilumuri garam dan perasan lemon cui (semacam jeruk nipis dengan aroma harum dan bagian dalamnya berwarna kuning jingga). Ikan ini kemudian dicampur dengan daun kemangi (balakama) yang sudah dirajang kasar. Setelah itu, didiamkan selama beberapa menit agar bumbu meresap, lalu tumisan bawang merah dan cabai rawit (rica gufu) akan dituangkan di atas ikan tuna mentah. Kenari atau kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar bisa ditaburkan sebagai topping.

Gohu Ikan

Photo :
  • IG/masakapahariini_id
WISATA KULINER: Café D’Carlos Pare-Pare, Sensasi Masakan Rumahan Yang Lezat Tak Terlupakan

Gohu Ikan memiliki cita rasa sedikit manis, asam segar, dan gurih. Masyarakat setempat biasa menyebutnya  gohu ikang dan bukan gohu ikan. Gohu Ikan ini biasanya disajikan sebagai teman ketika menyantap papeda atau nasi.

Gohu Ikan, yang juga dikenal sebagai Sashimi Ternate ini memiliki sejarah dan cerita unik yang terkait dengan tradisi dan kehidupan nelayan di Ternate.

Mudik Gratis Angkutan Lebaran dari dan ke Ternate mulai 25 Maret 2024, Kuota Ratusan, Yuk Ikutan!

Kata gohu dalam bahasa lokal berarti mengunyah sesuatu yang mentah, yang mencerminkan cara penyajian ikan dalam hidangan ini. Diperkirakan pada abad ke-14, nelayan Ternate mulai mengolah hasil tangkapan ikan dengan bumbu dan rempah sederhana. Kebiasaan ini berkembang karena nelayan sering pergi melaut berhari-hari mengitari Laut Sulawesi di utara dan Laut Banda di selatan, sehingga mereka harus pandai menyiasati kebutuhan makan.

Halaman Selanjutnya
img_title