Tradisi Larung Sesaji di Kabupaten Pati sebagi Doa dan Harapan Bersama untuk Rejeki Nelayan

Tradisi Larung Sesaji pada prosesi Lomban Kupatan
Sumber :
  • rri.co.id

Pati, WISATA – Larung Sesaji adalah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat pesisir Pantai Utara Pati, khususnya di daerah Sambiroto. Tradisi ini merupakan ungkapan rasa syukur masyarakat atas karunia Tuhan berupa kekayaan bahari.

RESEP: Sajian Sedap dari Pantura, Coba yuk 5 Resep Khas dari Pesisir Utara Jawa Tengah!

Dalam pelaksanaannya, sesaji yang terdiri dari sejumlah hasil bumi, dibentuk menyerupai gunungan dan kemudian dilakukan proses melarung atau melepas sesaji ke tengah laut. Pemerintah Desa Sambiroto, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati menyelenggarakan tradisi lomban kupatan tersebut  pada Jumat (19/4/2024). Tradisi yang diselenggarakan sepekan pascalebaran ini, mendapat sambutan antusias masyarakat setempat, bahkan dari luar desa.

Kades Sambiroto Kecamatan Tayu Sulistiono mengatakan bahwa tradisi lomban kupatan itu ditandai dengan larung sesaji ke Muara Sungai Tayu. Tradisi yang merupakan warisan leluhur atau cikal bakal desa setempat, Mbah Wedono.

Ilmuwan GSI Temukan Tulang Dinosaurus Berusia 100 Juta Tahun di India

Selanjutnya menurut kades, tradisi tersebut juga merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat dan keberkahan yang telah diberikan Sang Pencipta. Kepala kerbau yang dilarung ke Muara Sungai Tayu melambangkan pengorbanan dan keikhlasan, kepala kambing sebagai kesucian hati, serta ayam putih mulus lambang kewaspadaan.

Sebelum dilarung, sesaji-sesaji tersebut diarak keliling desa. Beberapa pengunjung mengaku baru sekali mengikuti prosesi lomban kupatan. Bahkan bisa melihat langsung larung sesaji di Muara Sungai Tayu.

Demokritus: "Tidak Ada yang Tetap Kekal, Kecuali Perubahan Itu Sendiri"

Untuk diketahui  selain sebagai ungkapan rasa syukur, tradisi Larung Sesaji juga sebagai symbol harmoni dengan Alam dan Tuhan.  Bagi masyarakat pesisir Pantai Utara, manusia sejatinya tidak hidup sendirian, melainkan bergantung dengan alam, makhluk lain, dan Yang Maha Kuasa. Melalui sedekah laut, tepatnya dengan melakukan upacara melarung sesaji, maka harmoni terhadap alam dan Yang Maha Kuasa ini bisa dijaga.

Larung Sesaji dimaknai sebagai momentum tepat untuk memanjat doa dan harapan bersama, agar nelayan memperoleh hasil tangkapan yang berlimpah tanpa adanya rintangan yang berarti. Selain itu larung sesaji juga bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai luhur budaya bangsa yakni kekhasan yang merupakan ciri suatu daerah dan warisan leluhur.

Halaman Selanjutnya
img_title