JAKARTA: Festival Urban Farming 2024 di TIM Hingga Kamis, 18 September 2024, Yuk Nonton...

Festival Urban Farming 2024 Dibuka Pj Gubernur Heru Budi Hartono
Sumber :
  • beritajakarta.id/

Jakarta, WISATA Festival Urban Farming 2024 digelar di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat mulai hari Selasa (17/9/2024).

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) ini, akan berlangsung hingga hari Kamis (19/9/2024).

Pj  Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono berharap, kegiatan ini semakin memotivasi jajaran lurah dan camat untuk membantu masyarakat memanfaatkan lahan yang selama ini belum maksimal untuk aktivitas urban farming.

"Di Jakarta, lahan sangat terbatas, di sisi lain sayur mayur sangat dibutuhkan untuk menjaga inflasi," ujar Heru.

Heru menambahkan, pada tahun 2030 mendatang, proyeksi BPS (Badan Pusat Statistik) memperkirakan populasi penduduk perkotaan akan mencapai 63,4 persen.

Jumlah itu diperkirakan bakal terus bertambah hingga 66 persen pada tahun 2035.

Karana itu, para camat dan lurah diharapkan bisa berperan maksimal memaksimalkan lahan tersedia seperti tepi waduk, banjir kanal, tepi jalan dan kolong tol.

Seperti di Jakarta Utara, Heru merujuk kolong tol mulai dari Plumpang hingga Penjaringan sepanjang 12,5 kilometer bisa dimaksimalkan untuk urban farming.

Heru mengingatkan, pemanfaatan lahan juga harus melibatkan warga sekitar.

Tidak hanya mengantisipasi inflasi dan membantu perekonomian, urban farming juga akan bermanfaat dalam mengentaskan stunting bagi warga di sekitar lokasi.

"Seperti Jakpro memanfaatkan lahan Depo LRT ditanami cabai, dibagikan ke masyarakat sekitar dan pegawai. Ini menjadi contoh kita, menggalakkan urban farming," tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati menyatakan, dalam Festival Urban Farming di TIM ini, selain beragam produk pertanian di 49 booth dan bazar 30 UMKM, juga dimeriahkan kegiatan seminar, bimbingan teknis dan perlombaan.

Pihaknya juga menggelar pemilihan Duta Urban Farming sebagai upaya mendorong generasi muda peduli terhadap ketahanan pangan, khususnya pertanian perkotaan.

Grand Final pemilihan akan dilaksanakan pada hari Kamis (19/9/2024) dan dihadiri Putri Indonesia Bidang Lingkungan.

"Kami juga memberikan bantuan sarana produksi pertanian untuk penataan kawasan secara simbolis ke enam perwakilan kelurahan," ungkapnya.

Enam kelurahan yang menerima bantuan, adalah Lurah Ujung Menteng, Lurah Semanan, Lurah Sunter Jaya, Lurah Cikoko, Lurah Pegangsaan dan Lurah Pulau Tidung. Kemudian,

Tak hanya itu, bantuan sarana pengolahan hasil pertanian juga diserahkan secara simbolis kepada lima orang perwakilan warga, yaitu Idha Noviyanti, warga Jalan Wijaya Kusuma RT 12/04 Kelurahan Munjul, Dian Sri Wurtiningsih, warga komplek PT. HII RT 03/05 Kelurahan Kelapa Gading Timur dan Hayati warga Jalan Seruni RT 06/01 Kelurahan Jatipulo.

Kemudian, Puji Astutik, warga Jalan Cempaka Indah RT 02/07 Kelurahan Harapan Mulya, serta Betty Rossalina, warga Jalan Taman Margasatwa RT 09/05 Kelurahan Jatipadang.

(Sumber: beritajakarta.id)

FLONA 2024: Resmi Dibuka Hingga 2 Agustus 2024, Sajikan 165 stan