YOGYAKARTA: Seru, Festival dan Lomba Burung Berkicau Piala "Bupati Bantul Cup 2024"

Festival dan Lomba Burung Berkicau Piala Bupati Bantul
Sumber :
  • bantulkab.go.id

Yogyakarta, WISATA – Ribuan penggemar burung atau yang biasa disebut kicau mania, ambil bagian dalam Festival dan Lomba Burung Berkicau memperebutkan Piala Bupati Bantul #3 Tingkat Nasional, yang digelar di Pasar Seni Gabusan, pada hari Minggu (11/8/2024).

Tak hanya dari pulau Jawa, peserta yang hadir juga datang dari Kalimantan dan Bali.

Menurut ketua penyelenggara, Andi Kurniawan, gelaran ini merupakan yang ketiga kali.

Andi menambahkan, promosi yang lebih gencar dilakukan panitia pada tahun ini, sukses menarik antusiasme kicau mania untuk mengikuti Festival dan Lomba Burung Berkicau di Bantul sehingga pada event kali ini terjaring sedikitnya 3.000 peserta.

Pada gelaran ini, sejumlah jenis burung berkicau dilombakan, seperti Anis Merah, Murai Batu, Kenari, Cendet, serta Sogok Ontong.

Andi berharap, Festival dan Lomba Burung Berkicau Bupati Bantul Cup 2024 ini dapat menggerakkan ekonomi kreatif di Bumi Projotamansari.

"Piala Bupati Bantul Cup ke-3 diikuti peserta dari luar pulau Jawa, seperti Kalimantan, Bali, Jawa Timur, Bandung, Jakarta. Kontribusinya untuk meningkatkan UMKM di Bantul. Mulai dari akomodasi panitia merekomendasikan untuk menginap di homestay terdekat," terang Andi.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menyambut baik perhelatan ini.

Selain sebagai hiburan yang banyak diminati, burung berkicau juga merupakan hobi yang positif, karena jika ditilik dari segi industri, dunia burung berkicau berdampak baik bagi peluang bisnis lainnya seperti usaha sangkar burung, pakan, hingga sekolah burung berkicau.

Tak hanya itu, berbagai event festival dan lomba yang digelar, juga akan menjadi simbiosis mutualisme bagi pedagang di sekitarnya.

"Saya bergembira bahwa Festival Burung Berkicau ini diikuti lebih dari seribu peserta. Ini capaian yang luar biasa, dan festival ini diikuti oleh para kicau mania dari seluruh penjuru tanah air. Festival Burung Berkicau ini penting bagi pengembangan sosial ekonomi kita. Di samping ini merupakan suatu hobi yang positif. Penghobi burung berkicau ini secara langsung maupun tidak langsung ini akan menarik usaha UMKM yang terkait dengan burung berkicau," tutur Bupati.

(Sumber: bantulkab.go.id)

YOGYAKARTA: Kegiatan Merti Dusun Glodogan, Bukti Nyata Budaya Tetap Lestari, Tebar Gunungan