YOGYAKARTA: Nonton Bareng Masa Lalu bersama "Kotabaru Heritage Film Festival 2024"

Kuliner Rintisan Kelurahan di "Kotabaru Heritage Film Festival 2024"
Sumber :
  • warta.jogjakota.go.id

Yogyakarta, WISATA – Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Yogyakarta menggelar "Kotabaru Heritage Film Festival (KHFF) 2024".

Acara yang telah diselenggarakan kedua kalinya ini dipusatkan di Lapangan Widoro Kandang SMAN 3 Yogyakarta.

KHFF 2024 digelar selama tiga hari, mulai tanggal 9 Agustus 2024 hingga 11 Agustus 2024.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogya, Yetti Martanti mengatakan, festival ini bertujuan untuk membentuk persepsi masyarakat masa kini dan masa depan melalui artefak dan arsip dari masa lalu.

"Festival ini tidak hanya bertujuan untuk mempromosikan karya-karya film bertemakan warisan budaya, tetapi juga untuk memberikan pengalaman yang mendalam kepada masyarakat, dimana film bertema heritage dikemas dan disajikan dalam sebuah hiburan yang sarat makna," ujarnya (9/8/2024).

Dalam festival ini, pihaknya juga menggandeng Pasar Kangen untuk mengangkat ragam kekayaan warisan budaya tak benda, khususnya kuliner Nusantara yang bertajuk Pasar Kobar.

"Ini sebagai bentuk dukungan kami terhadap kuliner khas Kota Yogya, kami menggandeng pelaku kuliner dari 31 Rintisan Kelurahan Budaya (RKB) untuk berpartisipasi dalam Pasar Kobar ini," jelasnya.

Berbeda dari KHFF sebelumnya, KHFF tahun ini menampilkan pertunjukkan Sinema Berdansa.

Pertunjukkan tersebut menggabungkan seni tari dengan pengalaman sinematik yang menampilkan seniman muda dari 31 RKB Kota Yogya.

"Sinema Berdansa tidak hanya menciptakan ruang bagi para seniman, namun juga memperkuat hubungan antara seni, budaya, dan masyarakat di Kota Yogya," katanya.

Pembukaan festival ini ditandai dengan diputarnya film kondang era 1970-an berjudul "Cintaku di Kampus Biru" yang disutradarai oleh Ami Prijono.

YOGYAKARTA: Pemkot Apresiasi Kesenian Warga Melalui Festival Ketoprak 2024, 9-12 September 2024

Film

Photo :
  • warta.jogjakota.go.id
Festival ini juga mengusung berbagai program kompetisi.

Program ini merupakan bentuk penghargaan yang diberikan kepada karya film yang mengeksplorasi kekayaan warisan budaya Indonesia.
Halaman Selanjutnya
img_title