YOGYAKARTA: Festival Kethoprak AntarKapanewon se-Bantul Usai, Kapanewon Jetis Borong Juara

Festival Kethoprak AntarKapanewon se-Kabupaten Bantul
Sumber :
  • bantulkab.go.id

Yogyakarta, WISATA Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih dan Wakil Bupati, Joko Purnomo menghadiri Penutupan Festival Kethoprak AntarKapanewon se-Kabupaten Bantul Tahun 2024 di Kalurahan Mulyodadi Bambanglipuro pada Minggu (11/08/2024) malam.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan sambutan dan arahan.

Selanjutnya, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo secara resmi menutup pagelaran festival kethoprak yang akan terus digelar tiap tahunnya itu dengan fasilitasi dana keistimewaan.

Dalam sambutannya, Abdul Halim Muslih mengatakan, Kabupaten Bantul merupakan cikal bakal lahirnya Mataram yang mewarisi ragam budaya salah satunya kethoprak, sehingga sebagai bagian dari entitas budaya, harus bisa melakukan revitalisasi dan restorasi agar budaya adiluhung tidak punah.

“Saya mengapresiasi seniman kethoprak Kabupaten Bantul yang berjuang memulihkan minat selera masyarakat terhadap kethoprak dengan memberikan berbagai kreatifitas agar dapat menyesuaikan selera dan harapan masyarakat,” ujar Halim.

Halim menambahkan, pentingnya kethoprak sebagai wahana pemersatu bangsa, menyosialisasikan gagasan, ide dan nilai-nilai adiluhung sehingga bisa menjadi alat untuk mengedukasi masyarakat.

Sebelum menutup festival, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo tampil memerankan satu Kethoprak yang ia sutradarai sendiri.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para dewan juri atas penilaian, masukan, kritik dan saran sebagai bahan koreksi untuk festival tahun depan.

Pada malam puncak tersebut, delapan Kapanewon masuk nominasi dan Kapanewon Jetis menyabet banyak juara kategori.

(Sumber: bantulkab.go.id)

YOGYAKARTA: Kegiatan Merti Dusun Glodogan, Bukti Nyata Budaya Tetap Lestari, Tebar Gunungan