PIALA ASIA U-23 AFC 2024: Begini Perbandingan Peringkat FIFA Timnas Indonesia dan Tim Irak

Timnas U-23 Indonesia
Sumber :
  • pssi.org

Malang, WISATA – Timnas Indonesia dijadwalkan akan bertemu dengan Tim Irak dalam laga perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024 pada Kamis (2/5/2024) mulai pukul 22.30 WIB. Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar. Dilansir dari laman resmi FIFA, Rabu (1/5/2024) timnas Irak menempati urutan ke-58 di ranking FIFA dunia, sementara Indonesia masih berada di posisi ke-134.

Madame Phang: "Indonesia Tak Lebih Baik dari Thailand", Meskipun Bukti Prestasi Berbicara Lain

Irak dan Indonesia memiliki selisih hingga 76 tangga. Walaupun demikian Ranking FIFA tentu tidak menjadi indikator utama karena faktanya di fase grup Indonesia berhasil mengalahkan dua tim yang mempunyai Ranking FIFA lebih baik. Dua tim itu adalah Australia dan Jordania. Dimana Australia berada di Ranking ke-24 dan Yordania berada di Ranking ke-71 FIFA. Indonesia juga sukses menaklukan Korea Selatan di 8 besar yang memiliki ranking ke-23 FIFA.

Menurut Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) kekuatan mental akan memainkan peran penting saat Indonesia bertemu Irak. Shin mengakui, jika kondisi para pemainnya menurun setelah laga melawan Uzbekistan di semifinal. Karenanya kini ia dan tim kepelatihan fokus untuk memaksimalkan pemulihan kondisi para pemain.

Timnas Indonesia Tantang Vietnam di Grup B ASEAN Cup 2024: Optimistis Skuad Garuda Unggul

“Sejujurnya, kami mengalami kesulitan terutama dalam level kebugaran para pemain, jadi kami fokus pada pemulihan saat ini. Saya pikir hasil dari pertandingan besok bergantung pada seberapa cepat pemulihan fisik dan kesiapan mental kedua tim, Jadi kami saat ini fokus pada pemulihan level kebugaran para pemain kami. Lalu setelahnya membangun kesiapan mental  mereka untuk menghadapi Irak,” ucap Shin dalam konferensi pers jelang pertandingan yang berlangsung di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar pada Rabu (1/5/2024). Selanjutnya pelatih Shin juga menyebutkan bahwa match mendatang adalah lebih ke pertandingan melawan diri sendiri.

Pertandingan ini sangat krusial bagi kedua tim, pasalnya tim pemenang dipastikan menyabet tiket lolos otomatis ke Olimpiade Paris 2024. Sementara tim yang kalah mesti memainkan laga playoff antarkonfederasi lawan Guinea U23 (wakil Afrika). Perebutan tempat ketiga ini akan menjadi kesempatan bagi Garuda Muda mengejar tiket menuju Olimpiade Paris 2024.

Fakta atau Hoaks? Guinea Didiskualifikasi, Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Olimpiade 2024

 

Sumber: berbagai sumber