Lantai Mosaik Berusia 2200 Tahun yang Menggambarkan Muse Kalliope Ditemukan di Side, Turki

Mosaik Bergambar Kalliope
Sumber :
  • archaeologymag/Republic of Turkiye Ministry of Culture and Tourism

Malang, WISATA – Lantai mosaik luar biasa yang berasal dari abad ke-2 SM ditemukan dalam penggalian di kota kuno Side, Turki Selatan. 

Kerangka Berusia 9.000 Tahun Mengungkap ‘Kutukan’ Kota Kuno Çatalhöyük

Lantai mosaik tersebut menggambarkan sosok legendaris Kalliope yang merupakan satu dari Sembilan renungan dalam mitologi Yunani

Penemuan tersebut telah diumumkan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki. 

Penanggalan Radiokarbon Ungkap Kehidupan Roman Karanis di Mesir hingga Abad ke-7 Masehi

Terletak di distrik Manavgat di Antalya, kota kuno Side memiliki masa lalu yang penuh kisah, sejak didirikan pada abad ke-7 SM. Kota ini menjadi terkenal sebagai kota pelabuhan penting selama Kekaisaran Romawi dan memainkan peran penting dalam sejarah wilayah tersebut.

Kalliope, yang namanya berarti “suara indah”, dihormati sebagai inspirasi puisi epik, epos dan retorika dalam mitologi Yunani. 

Terowongan Bawah Tanah Berusia 12.000 Tahun Dari Skotlandia Tembus Hingga Turki, untuk Apa?

Dipercaya sebagai putri Zeus dan titan Mnemosyne, ia sering digambarkan memegang tablet tulis dan stylus, melambangkan perannya sebagai inspirasi karya sastra yang sangat penting. Di antara pengaruhnya yang menonjol adalah epos Homer, Iliad dan Odyssey, serta karya-karya penyair terkenal seperti Hesiod, Sappho, dan Pindar. 

Upaya penggalian dan restorasi di Side telah berlangsung selama beberapa dekade, dan penemuan baru-baru ini menjadi bagian dari inisiatif yang lebih luas seperti projek Warisan untuk Masa Depan dan Warisan untuk Masa Depan. 

Halaman Selanjutnya
img_title