Koin Kuno Pecahkan Misteri Uang Abad Pertengahan yang Menandai Hubungan Perdagangan Internasional

Koin Kuno yang Ditemukan
Sumber :
  • archaeologymag/The Fitzwilliam Museum, University of Cambridge

Malang, WISATA – Analisis komprehensif terhadap 49 koin perak yang mencakup abad ke-7 dan ke-8 M, telah mengungkap hubungan lintas saluran yang membentuk perekonomian Eropa pada awal abad pertengahan. 

INFO HAJI: Ketika 'Jokowi' Jadi Mata Uang untuk Transaksi Perdagangan di Tanah Suci

Diterbitkan di jurnal Antiquity, penelitian yang dilakukan oleh tim kolaboratif dari Universitas Oxford, Cambridge, dan Vrije Universiteit Amsterdam ini mengungkap asal usul koin perak yang mendorong evolusi ekonomi Eropa. 

Penelitian yang dipimpin oleh Profesor Rory Naismith dari Universitas Cambridge dan Dr. Jane Kershaw dari Universitas Oxford ini bertujuan untuk mengungkap misteri seputar perak yang digunakan dalam koin-koin tersebut. 

Indonesia Sambut Investasi Hozon Energy dalam Produksi Kendaraan Listrik

Dengan menggunakan kombinasi analisis isotop timbal dan elemen jejak, tim menyelidiki komposisi kimia koin yang disimpan di Museum Fitzwilliam di Cambridge. Temuan mereka mengungkapkan pola berbeda dalam perolehan perak dari waktu ke waktu, sehingga menyoroti dua fase utama dalam pembangunan ekonomi di kawasan ini.

Bertentangan dengan spekulasi sebelumnya, analisis tersebut mengungkapkan dua sumber perak yang berbeda. Koin-koin sebelumnya, yang berasal dari tahun 660-750 M, berasal dari Mediterania timur, khususnya Kekaisaran Bizantium. Penemuan ini menantang asumsi-asumsi sebelumnya dan menggarisbawahi hubungan perdagangan internasional yang mendalam pada era tersebut.

IDULADHA 2024: Khidmat, Salat Iduladha di Cawang, Kramatjati, Jakarta Timur

Menurut para peneliti, perak Bizantium ini kemungkinan masuk ke Eropa Barat beberapa dekade sebelum dicairkan, hal ini menunjukkan kebangkitan signifikan dalam perdagangan dan aktivitas ekonomi selama periode ini.

Kehadiran perak Bizantium di Eropa awal abad pertengahan, jauh sebelum penggunaannya dalam mata uang, menunjukkan adanya jaringan perdagangan dan diplomasi yang kompleks. Kershaw berkata, “Koin-koin ini adalah salah satu tanda pertama kebangkitan perekonomian Eropa utara sejak berakhirnya Kekaisaran Romawi.” 

Halaman Selanjutnya
img_title