REMBANG: Pesta Siaga Jateng 2024, Ajang Pramuka Rembang Tawarkan Rekreasi dan Wisata Edukatif

Ratusan Pramuka Ikuti Pesta Siaga di Pantai Karangjahe, Rembang
Sumber :
  • infopublik.id

Rembang, WISATA Pantai Karangjahe, Rembang, Jawa Tengah menjadi saksi kegembiraan ratusan anggota pramuka, saat mengikuti Pesta Siaga tingkat Jawa Tengah Regional 1 pada Sabtu (25/5/2024).

Dengan kehadiran 11 kontingen kwartir cabang, acara ini tidak hanya membanggakan Kabupaten Rembang sebagai tuan rumah, tetapi juga sekaligus sebagai panggung promosi pariwisata lokal.

Hasiroh Hafidz selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Rembang mengungkapkan, Pemkab Rembang dapat memanfaatkan kehadiran para peserta sebagai kesempatan untuk mengenalkan potensi wisata yang ada di Desa Punjulharjo, Rembang.

"Ketika mereka pulang, kami berharap mereka akan menceritakan pengalaman mereka kepada keluarga dan teman-teman, mungkin suatu saat, mereka akan datang ke sini," ungkapnya.

Berbagai permainan yang menarik tersedia selama Pesta Siaga.

Mulai dari unjuk bakat, taman doa, hingga karnaval, semuanya dirancang untuk memastikan anak-anak Pramuka merasakan kegembiraan sepanjang acara.

"Meskipun tidak ada perlombaan resmi, tujuan utamanya adalah agar anak-anak menikmati setiap momen di acara ini. Karena, namanya juga pesta, harus ada kesenangan," tegasnya.

Sementara itu, Bupati Rembang, Abdul Hafidz yang juga Kamabicab Gerakan Pramuka menyatakan, pemilihan Rembang sebagai tuan rumah adalah sebuah penghormatan.

Baginya, Pesta Siaga merupakan momen yang tepat untuk mempromosikan wisata lokal kepada peserta dari berbagai daerah.

Abdul Hafidz menambahkan, Pesta Siaga adalah wadah yang penting dalam membangun karakter anak-anak, terutama di tengah arus globalisasi yang mengancam nilai-nilai tradisional.

"Pesta Siaga adalah sarana yang tepat untuk menanamkan rasa cinta tanah air dan pemahaman tentang bangsa kepada generasi muda. Pramuka Siaga, dengan usia 7 hingga 11 tahun, memberikan landasan pendidikan karakter yang mudah dipahami oleh semua anak," katanya.

Pesta Siaga Jawa Tengah Regional 1 diikuti oleh Binaan Wilayah (Binwil) Pati dan Semarang.

Binwil Pati meliputi Kwarcab Kudus, Jepara, Pati, Rembang, dan Blora, sementara Binwil Semarang terdiri atas Kwarcab Semarang, Kota Semarang, Salatiga, Demak, Grobogan, dan Kendal.

(Sumber: infopublik.id)


Cinta adalah Jembatan antara Dunia yang Nyata dan Dunia Spiritual: Thales