Terkubur Pasir Ribuan Tahun: Timgad, Kota Hantu Romawi-Afrika menjadi Kota Budaya

Kota Timgad di Aljazair
Sumber :
  • Instagram/h_adjou

Malang, WISATA – Karena tidak keseluruhan kota lenyap, koloni Romawi Thamugadi didirikan di provinsi Numidia Afrika Utara oleh Kaisar Traian sekitar tahun 100 M., yaitu kota yang juga dikenal sebagai Timgad atau Tamugas. 

Seiring Banyaknya Diaspora Indonesia Tempe meng-Global ke Berbagai Belahan Dunia

Rumah bagi veteran Legiun Augustan Ketiga, Thamugadi berkembang selama ratusan tahun, menjadi makmur dan dengan demikian menjadi target yang menarik bagi perampok. Setelah invasi Vandal pada tahun 430, serangan berulang melemahkan kota, yang tidak pernah sepenuhnya pulih dan ditinggalkan selama tahun 700-an. 

Pasir gurun menyapu dan mengubur Thamugadi. Seribu tahun akan berlalu sebelum kota menerima kunjungan dari tim penjelajah yang dipimpin oleh seorang maverick Skotlandia di tahun 1700-an. 

Inilah Perspektif Para Filosof tentang Cinta, Anda Pilih yang Mana?

Awalnya didirikan oleh Kaisar Trajan pada tahun 100 M dan dibangun sebagai koloni pensiunan bagi tentara yang tinggal di dekatnya, dalam beberapa generasi kelahirannya, pos terdepan telah berkembang menjadi lebih dari 10.000 penduduk keturunan Romawi, Afrika dan Berber. 

Sebagian besar dari mereka mungkin bahkan tidak akan pernah melihat Roma sebelumnya, tetapi Timgad banyak berinvestasi dalam budaya tinggi dan identitas Romawi, meskipun berada ribuan kilometer dari kota Italia itu sendiri.

SOLO: Hari Jamu Nasional ke-16 2024, Bisa Lho Bupati Ngeracik Jamu Sendiri!

Perluasan kewarganegaraan Romawi ke non-Romawi adalah strategi kekaisaran yang direncanakan dengan hati-hati, ia tahu itu bekerja lebih baik dengan membawa orang masuk daripada dengan menjauhkan mereka. 

Sebagai imbalan atas kesetiaan mereka, elit lokal diberi saham di Kekaisaran yang besar dan kuat, diuntungkan dari perlindungan dan sistem hukumnya, belum lagi, fasilitas perkotaan modern seperti pemandian Romawi, teater, dan perpustakaan umum yang mewah. 

Halaman Selanjutnya
img_title