Kasus Pertama Down Syndrome pada Manusia Neanderthal Menunjukkan Sifat Altruistik Mereka

Anak Neanderthal dengan Down syndrome
  • Instagram/arkeofili

Malang, WISATA – Sebuah tim peneliti internasional, termasuk staf pengajar dari Binghamton University, telah mendokumentasikan kasus pertama Down syndrome pada Neanderthal. Penemuan ini menunjukkan bahwa kerabat manusia purba ini mampu memberikan perawatan dan dukungan bagi anggota kelompok mereka yang rentan.

Manusia dan Neanderthal Melakukan Kawin Silang 47.000 Tahun yang Lalu

Dipimpin oleh para antropolog dari Universitas Alcalá dan Universitas Valencia di Spanyol, penelitian ini berfokus pada sisa-sisa kerangka anak Neanderthal, yang diberi nama “Tina”, yang ditemukan di Cova Negra, sebuah gua di Valencia yang terkenal dengan penemuan Neanderthal yang signifikan.

“Penggalian di Cova Negra menjadi kunci untuk memahami cara hidup Neanderthal di sepanjang pantai Mediterania di Semenanjung Iberia,” kata Profesor Valentín Villaverde dari Universitas Valencia. “Mereka memungkinkan kami untuk menentukan pekerjaan di pemukiman tersebut: dengan durasi waktu yang singkat dan dengan jumlah individu yang sedikit, bergantian dengan keberadaan karnivora.”

Peran Mammoth dalam Kehidupan Masyarakat Manusia Purba yang Kompleks

Dengan menggunakan pemindaian tomografi mikro dari fragmen tengkorak kecil dari tulang temporal kanan Tina, para peneliti merekonstruksi model tiga dimensi untuk analisis terperinci. Tina menderita kelainan bawaan pada telinga bagian dalam yang berhubungan dengan Down syndrome, yang mengakibatkan gangguan pendengaran parah dan vertigo yang melumpuhkan. Meskipun menghadapi tantangan-tantangan ini, Tina mampu bertahan hidup hingga setidaknya berusia enam tahun, yang menunjukkan bahwa ia menerima perawatan ekstensif dari kelompok sosialnya.

“Ini adalah penelitian yang luar biasa, menggabungkan penggalian arkeologi yang ketat, teknik pencitraan medis modern, dan kriteria diagnostik untuk mendokumentasikan Down syndrome pada individu Neanderthal untuk pertama kalinya,” kata Profesor Rolf Quam, antropolog di Universitas Binghamton. “Hasilnya memiliki implikasi signifikan terhadap pemahaman kita tentang perilaku Neanderthal.”

Alat Oldowan, Warisan Awal Mula Teknologi dalam Evolusi Manusia

Neanderthal telah lama diketahui merawat individu dengan disabilitas, namun kasus-kasus sebelumnya melibatkan orang dewasa, sehingga beberapa ilmuwan berpendapat bahwa perawatan ini merupakan bagian dari pertukaran timbal balik dan bukan altruisme sejati. Namun kasus Tina memberikan bukti adanya kepedulian terhadap individu yang tidak dapat membalas budi, sehingga menunjukkan adanya perilaku altruistik yang tulus.

“Yang belum diketahui sampai saat ini adalah kasus seseorang yang menerima bantuan, meskipun mereka tidak dapat membalasnya,” kata Mercedes Conde-Valverde, profesor di Universitas Alcalá dan penulis utama studi tersebut. “Itulah tepatnya arti dari penemuan ‘Tina’.”