YOGYAKARTA: Gunugkidul Expo 2024, Ajang Promosi UMKM, Berlangsung Hingga 25 Mei 2024

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta Membuka Gunugkidul Expo 2024
Sumber :
  • gunungkidulkab.go.id

Yogyakarta, WISATA – Untuk mendukung dan mempromosikan potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Dinas Perdagangan Kabupaten Gunungkidul menggelar acara "Gunungkidul Expo 2024".

Gunungkidul Expo 2024 diikuti oleh 100 UMKM dari seluruh Gunungkidul, berlangsung di Alun-alun Wonosari mulai 22 Mei hingga 25 Mei 2024.

"Dua tahun kemarin, kita selenggarakan di Taman Budaya Gunungkidul dan sekarang kita selenggarakan di Alun-alun Wonosari, dengan didanai dari Dana Keistimewaan, tentu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Kepala Dinas Perdagangan, Kelik Yuniantoro.

Kelik menambahkan, untuk peserta di dalam tenda berjumla 100 UMKM sedangkan diluar tenda sebanyak 75 UMKM.

Kelik juga menjamin perijinan UMKM, tidak sulit bahkan sangat mudah.

"Untuk mempercepat proses perijinan, kita sediakan satu stan khusus untuk UMKM yang ingin mengurus perijinannya, dan rata-rata UMKM sekarang sudah memiliki NIB dan ke depan akan kita sisir terus," jelasnya.

Sementara itu saat membuka secara langsung Pameran Gelar Potensi UMKM Gunungkidul Expo 2024 ini, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menyampakan apresiasinya, atas digelarnya acara ini secara terus menerus.

"Mudah-mudahan suatu saat nanti mereka dapat berkembang, dan bagaimana menguatkan agar pasar tetap kuat dan berkembang utamanya promosi, salah satunya melalui media online," ujar Bupati Sunaryanta.

Bupati juga berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan atau event seperti ini, dapat mendorong perekonomian dan potensi UMKM yang ada di Gunungkidul, bahkan sampai diekspor.

Pameran Gelar Potensi UMKM Gunungkidul Expo 2024 juga diisi dengan berbagai kesenian daerah seperti jathilan.

(Sumber: gunungkidulkab.go.id)

NATARU: 18 Ribu Wisatawan Diprediksi Kunjungi Gunungkidul, Pemkab Siapkan Rekayasa Lalulintas