GUNUNGKIDUL: Terobosan Baru Dunia Peternakan, Gedung Bank Pakan Ternak Ruminansia Diresmikan

Selamat Datang di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Sumber :
  • gunungkidulkab.go.id

Gunungkidul, WISATA – Terobosan baru di dunia peternakan dilakukan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gunungkidul.

Wilayah di bagian paling Selatan dari Daerah Istimewa Yogyakarta ini, memiliki Bank Pakan Ternak.

Gedung Bank Pakan Ternak Ruminansia resmi dibuka di Padukuhan Tahunan, Bulurejo, Semin, Gunungkidul oleh Bupati Gunungkidul, Sunaryanta (26/8/2024).

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Wibawanti menyatakan begitu pentingnya pakan dalam usaha peternakan.

Pakan merupakan kebutuhan utama dalam budi daya ternak, bahkan 80% dari budidaya ternak, bergantung pada pakan.

"Kabupaten Gunungkidul memiliki potensi besar dengan ketersediaan pakan mencapai 1.600.000 ton per tahun, sementara kebutuhan hanya sekitar 1.500.000 ton. Namun, masalah utama adalah distribusi pakan yang belum merata dan optimal," ujar Wibawanti.

GUNUNGKIDUL: Antisipasi Bencana, Shelter Pengungsi Dibangun di Candirejo, Semin

Gedung Bank Pakan Ternak Ruminansia di Gunungkidul

Photo :
  • gunungkidulkab.go.id

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menyatakan inovasi dalam pengawetan pakan dan peningkatan nutrisi ternak, adalah kunci untuk meningkatkan sektor peternakan di Gunungkidul.

"Ternak tidak hanya menjadi sumber ekonomi, tetapi juga menjadi aset untuk masa depan, baik sebagai tabungan maupun untuk pendidikan," ungkap Bupati.

Gedung Bank Pakan Ternak ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti kendaraan pengangkut, alat pencacah hijauan, alat press, timbangan, serta alat fermentasi dengan kapasitas penyimpanan hingga 100 ton pakan.

Fasilitas ini akan membantu kelompok ternak dalam menjaga ketersediaan pakan selama musim kemarau yang menuntut kebutuhan air yang besar, yaitu sekitar 14 juta liter per hari untuk ternak dan 20 juta liter per hari untuk masyarakat.

Terkait dengan hal ini, Lurah Bulurejo, Lampito berharap, bantuan ini dapat menjadi motivasi bagi kelompok ternak di wilayahnya untuk terus berkembang.

Ia juga berpesan bahwa gedung dan peralatan yang disediakan, dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat sekitar.

"Gedung ini diharapkan dapat mendukung kebutuhan pakan ternak yang sangat penting dalam budi daya ternak ruminansia," pungkasnya.

(Sumber: gunungkidulkab.go.id)

INFO LOKER: Job Fair 2024 Gunungkidul Hingga 15 Agustus 2024, Terbuka untuk Penyandang Disabilitas