Dampak Negatif Minum Kopi Bagi Kesehatan Jika Bersamaan dengan Makan Makanan Jenis Ini

Kopi Espresso
Sumber :
  • Pixabay

Wisata – Minum kopi diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, asalkan tidak terlalu berlebihan. Minum kopi dapat meningkatkan energi, meningkatkan kewaspadaan, memperbaiki suasana hati, serta fungsi otak yang disebabkan oleh kandungan kafeinnya, yang berfungsi sebagai stimulan. Selain itu minum kopi juga bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke, karena kandungan antioksidan dan senyawa fenolik yang dapat melindungi pembuluh darah. Dan masih banyak lagi manfaat yang ada di dalam minuman kopi.

Mencermati Pengaruh Mundurnya Kepala Otorita IKN dan Wakilnya terhadap Progres Pembangunan IKN

Secangkir Kopi (ilustrasi)

Photo :
  • Pixabay

Namun tahukah Anda bahwa minum kopi bersamaan dengan jenis makanan tertentu sangatlah tidak disarankan, karena menimbulkan dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.  Berikut ini dilansir dari beberapa sumber dan media kesehatan, contoh makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan minum kopi:

  • Gorengan atau makanan yang terbuat dari tepung. Makanan ini dapat menyebabkan masalah pencernaan dan mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi secara maksimal.
  • Makanan yang banyak mengandung kalsium, seperti brokoli, bayam, ikan, yoghurt, biji-bijian, atau keju. Kafein dalam kopi dapat menghalangi tubuh dalam menyerap kalsium dari makanan, dan memperlakukan kalsium sebagai zat buang melalui urine.
  • Daging merah, unggas, atau tiram. Makanan ini merupakan sumber seng yang penting untuk kesehatan. Namun, komponen tannate dalam kopi dapat mengganggu penyerapan seng dari makanan.
Halaman Selanjutnya
img_title
Mitos atau Fakta: Golongan Darah Tertentu Tidak Boleh Minum Kopi?