Kylinxia, Artropoda Bermata Tiga Mengungkap Detail Menakjubkan Evolusi Hewan Awal

Kylinxia, Hewan Unik yang Berusia 520 Juta Tahun
  • Instagram/nuestro_diario

Malang, WISATA – Sebuah tim dari Universitas Leicester, Laboratorium Kunci Yunnan untuk Palaeobiologi dan Institut Paleontologi di Universitas Yunnan, Museum Fosil Chengjiang dan Museum Sejarah Alam di London, telah mendeskripsikan ulang fosil hewan unik dari bebatuan berusia hampir 520 juta tahun yang mengisi kesenjangan dalam pemahaman kita tentang evolusi hewan yang dikenal sebagai artropoda

Berkat Kepunahan Dinosaurus, Anda Dapat Menikmati Buah Anggur

Hewan yang memiliki nama ilmiah Kylinxia ini dicitrakan menggunakan pemindai CT yang menunjukkan anatomi lembutnya yang terkubur di dalam batu. Seukuran udang besar, ciri-cirinya yang mengejutkan termasuk tiga mata di kepala dan sepasang anggota tubuh menakutkan yang mungkin digunakan untuk menangkap mangsa.

Fosil berbagai jenis hewan laut pertama kali muncul di bebatuan sekitar setengah miliar tahun yang lalu dan menandakan masa ketika ekosistem kompleks sedang berkembang di lautan dunia. Salah satu lokasi penting untuk fosil tersebut adalah daerah sekitar kota Chengjiang di Tiongkok selatan, tempat fosil dalam penelitian ini dikumpulkan oleh tim Tiongkok. Fosil-fosil tersebut ditemukan dari biota Kambrium Chengjiang di Provinsi Yunnan, Tiongkok, dimana lebih dari 250 spesies organisme fosil yang sangat terawetkan telah dideskripsikan.

Banyak hal yang Dipelajari Evolusi Dinosaurus Alvarezsaurid yang Ditemukan di Uzbekistan

Penemuan baru ini penting untuk menguraikan sejarah artropoda. Ini adalah hewan yang tubuhnya terbagi menjadi beberapa segmen, yang sebagian besar memiliki sepasang anggota badan yang bersendi, seperti kepiting, lobster, serangga, dan laba-laba.

Meskipun terdapat banyak artropoda dalam catatan fosil, yang paling terkenal adalah trilobita – sebagian besar hanya mempertahankan kerangka kerasnya. Karena material Tiongkok baru ini diawetkan hampir lengkap, tim dapat mengambil gambar kepala Kylinxia, ​​mengidentifikasi enam segmen: bagian depan memiliki mata, yang kedua dengan sepasang anggota badan besar yang bisa menggenggam dan empat lainnya masing-masing memiliki sepasang. anggota badan yang bersendi.

Benarkah Kelemahan Neanderthal yang Sebabkan Kepunahan adalah karena Mata Besarnya?

Penulis utama studi tersebut, Robert O’Flynn, seorang mahasiswa PhD di Fakultas Geografi, Geologi, dan Lingkungan Universitas Leicester, mengatakan: “Pelestarian fosil hewan sungguh menakjubkan. Setelah CT-scan, kita dapat memutarnya secara digital dan benar-benar menatap wajah sesuatu yang hidup lebih dari 500 juta tahun yang lalu. Saat kami memutar hewan tersebut, kami dapat melihat bahwa kepalanya memiliki enam segmen, sama seperti banyak arthropoda yang masih hidup.”

Profesor Mark Williams, supervisor utama Robert di Universitas Leicester, mengatakan: “Kylinxia, ​​dan biota Chengjiang dari mana ia berasal, berperan penting dalam membangun pemahaman kita tentang evolusi awal euarthropoda. Saya rasa penemuan serupa akan terus dilakukan oleh Robert.”