Berkat Kepunahan Dinosaurus, Anda Dapat Menikmati Buah Anggur

Buah Anggur
  • Instagram/nicholynfarms

Malang, WISATA – Jika Anda pernah mengemil kismis atau menikmati segelas anggur, Anda mungkin harus berterima kasih atas kepunahan dinosaurus. Dalam penemuan yang dijelaskan dalam jurnal Nature Plants, para peneliti menemukan fosil biji anggur yang berumur antara 60 hingga 19 juta tahun di Kolombia, Panama dan Peru. Salah satu spesies ini mewakili contoh tumbuhan paling awal yang diketahui dari keluarga anggur di Belahan Bumi Barat. Benih fosil ini membantu menunjukkan bagaimana keluarga anggur menyebar pada tahun-tahun setelah kematian dinosaurus.

Kylinxia, Artropoda Bermata Tiga Mengungkap Detail Menakjubkan Evolusi Hewan Awal

“Ini adalah buah anggur tertua yang pernah ditemukan di belahan dunia ini dan usianya beberapa juta tahun lebih muda dibandingkan buah anggur tertua yang pernah ditemukan di belahan bumi lain,” kata Fabiany Herrera, asisten kurator paleobotani di The Field Museum di Negaunee Integrative Research Center Chicago dan penulis utama makalah Nature Plants. “Penemuan ini penting karena menunjukkan bahwa setelah kepunahan dinosaurus, anggur mulai menyebar ke seluruh dunia.”

Jarang sekali jaringan lunak seperti buah-buahan dapat diawetkan sebagai fosil, sehingga pemahaman para ilmuwan tentang buah-buahan purba sering kali berasal dari bijinya, yang kemungkinan besar akan menjadi fosil. Fosil biji anggur paling awal ditemukan di India dan berusia 66 juta tahun. Bukan suatu kebetulan bahwa buah anggur muncul dalam catatan fosil 66 juta tahun yang lalu, yaitu ketika sebuah asteroid besar menghantam Bumi, memicu kepunahan besar-besaran yang mengubah arah kehidupan di planet ini. “Kami selalu memikirkan hewan, dinosaurus, karena merekalah yang paling terkena dampaknya, namun peristiwa kepunahan juga berdampak besar pada tumbuhan,” kata Herrera. “Hutan mengatur ulang dirinya sendiri, dengan cara mengubah komposisi tanaman.”

Banyak hal yang Dipelajari Evolusi Dinosaurus Alvarezsaurid yang Ditemukan di Uzbekistan

Herrera dan rekan-rekannya berhipotesis bahwa hilangnya dinosaurus mungkin turut mengubah hutan. “Hewan besar, seperti dinosaurus, diketahui mengubah ekosistem di sekitarnya. Kami berpikir jika ada dinosaurus besar yang berkeliaran di hutan, kemungkinan besar mereka akan menebang pohon, sehingga secara efektif menjaga hutan lebih terbuka dibandingkan saat ini,” kata Mónica Carvalho, salah satu penulis makalah dan asisten kurator di Universitas Michigan. Museum Paleontologi. Namun tanpa dinosaurus besar yang memangkasnya, beberapa hutan tropis, termasuk di Amerika Selatan, menjadi lebih padat, dengan lapisan pepohonan membentuk lapisan bawah dan kanopi.

Hutan baru yang lebat ini memberikan peluang. “Dalam catatan fosil, kita mulai melihat lebih banyak tumbuhan yang memanfaatkan tanaman merambat untuk memanjat pohon, seperti anggur, pada saat ini,” kata Herrera. Diversifikasi burung dan mamalia pada tahun-tahun setelah kepunahan massal mungkin juga membantu anggur dalam menyebarkan benihnya.

Benarkah Kelemahan Neanderthal yang Sebabkan Kepunahan adalah karena Mata Besarnya?

Pada tahun 2013, penasihat PhD Herrera dan penulis senior makalah baru, Steven Manchester, menerbitkan makalah yang menjelaskan fosil biji anggur tertua yang diketahui, dari India. Meskipun tidak ada fosil anggur yang pernah ditemukan di Amerika Selatan, Herrera menduga fosil anggur tersebut mungkin juga ada di sana.

“Anggur memiliki catatan fosil yang luas yang dimulai sekitar 50 juta tahun yang lalu, jadi saya ingin menemukannya di Amerika Selatan, tapi rasanya seperti mencari jarum di tumpukan jerami,” kata Herrera. “Saya telah mencari anggur tertua di Belahan Barat sejak saya masih mahasiswa.”