TEKNOLOGI: Optimalkan Kesehatan Mental Lewat Penggunaan Smartphone yang Bijaksana

Era Digital Tak Bisa Dibentung, Bijaklah Menggunakannya
Sumber :
  • surakarta.go.id

Surakarta, WISATA – Di era digital seperti saat ini, tidak ada yang bisa memungkiri, betapa pentingnya smartphone atau telepon pintar dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih dari 6 miliar orang di seluruh dunia menggunakan smartphone.

Angka ini akan terus bertambah tiap tahunnya.

Namun, di balik kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi ini, terdapat dampak buruk yang seringkali terabaikan, misalnya pengaruhnya terhadap kesehatan mental.

Penggunaan smartphone yang berlebihan telah terbukti dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari gangguan fungsi kognitif hingga masalah tidur.

Khususnya pada kalangan remaja, kecanduan jejaring sosial dan perilaku impulsif semakin mengkhawatirkan.

Namun, sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam "Journal of Experimental Psychology: Applied" mengungkapkan, bahwa perubahan kecil dalam kebiasaan penggunaan smartphone dapat memiliki dampak besar pada kesehatan mental.

Penelitian yang melibatkan lebih dari 600 peserta dewasa ini menunjukkan, bahwa mengurangi penggunaan smartphone hanya satu jam sehari selama satu minggu, memiliki efek positif yang signifikan.

Sebuah kelompok dalam penelitian ini, bahkan tidak menggunakan smartphone sama sekali selama seminggu penuh.

Hasilnya cukup menggembirakan: peserta yang membatasi penggunaan smartphone, mereka melaporkan mengalami penurunan gejala depresi dan kecemasan, serta meningkatnya kepuasan hidup mereka.

Dr. Jennifer Katzenstein, seorang ahli psikologi yang terlibat dalam penelitian ini menjelaskan, temuan ini membuktikan bahwa kita tidak perlu meninggalkan smartphone sepenuhnya.

Cukup dengan membatasi penggunaannya, kita bisa mengalami perubahan positif dalam kesehatan mental kita.

Dr. Katzenstein juga menekankan pentingnya perubahan kecil dalam perilaku sehari-hari kita.

Dengan mengurangi waktu yang dihabiskan di layar gadget, kita dapat meningkatkan aktivitas fisik, mengurangi tingkat depresi dan kecemasan, serta meningkatkan kepuasan hidup secara keseluruhan.

Penting untuk diingat, bahwa smartphone bukanlah musuh, tetapi sebatas alat yang memerlukan penggunaan yang bijaksana.

Dengan menyadari dan mengontrol waktu yang dihabiskan untuk smartphone, kita dapat mengoptimalkan kesehatan mental kita.

Semua perubahan dimulai dari langkah kecil, dan dalam hal ini, membatasi penggunaan smartphone adalah langkah kecil yang bisa memberikan dampak besar bagi kesejahteraan kita.

Jadi, mari mulai dari sekarang, bijaklah dalam menggunakan smartphone dan saksikan, bagaimana perubahan kecil ini membawa kebahagiaan dan kesehatan mental yang lebih baik dalam hidup kalian.

(Sumber: surakarta.go.id)

Awas !, Google Diduga Dapat Mendengar Percakapan Kita Saat Bicara Depan Hp, Begini Cara Kerjanya