Inilah 3 Tanaman yang Dapat Mengurangi Panas, Begini Cara Menanam dan Merawatnya

Sansevieria
Sumber :
  • IG/workplant.id

WISATA – Musim kemarau belum berakhir, bahkan mungkin bulan Oktober adalah puncak kemarau di tahun 2023 ini. Beberapa kota ada yang temperaturnya mencapai 40 derajat lebih di siang hari. Untuk menghindari sengatan matahari yang sangat terik, selain menggunakan berbagai krim dan pakaian pelindung, memelihara tanaman jenis tertentu bisa membantu mengurangi panas lho. Tanaman ini bisa ditempatkan baik di dalam ruangan maupun di halaman rumah.

5 Tanaman Pencegah Nyamuk, Bisa Tumbuh di Dalam Ruangan sebagai Tanaman Hias

Sansevieria

Photo :
  • pixabay

Tanaman yang bisa menyerap panas adalah tanaman yang memiliki kemampuan untuk mengambil air dari tanah dan melepaskannya ke udara melalui proses transpirasi. Dengan demikian, tanaman ini dapat mendinginkan udara di sekitarnya dan membuat rumah lebih sejuk. Beberapa contoh tanaman yang bisa menyerap panas adalah:

Jangan Biarkan Hanya sebagai Tanaman Pagar, Kenali 5 Khasiat Pucuk Merah di Halaman Rumah Anda

1. Karet Kebo. Tanaman yang mempunyai nama latin  Ficus Elastica ini memiliki daun yang lebar dan berwarna hijau gelap. Bisa mencapai tinggi sampai 30 m. Daunnya memiliki panjang 7 sampai dengan 20 cm, dengan tepi halus dan ujung yang tumpul. Tanaman Karet Kebo adalah tanaman pohon yang cocok ditempatkan di halaman rumah. Namun bisa juga ditumbuhkan sebagai tanaman indoor. Tanaman ini menyerap air melalui akarnya dan melepaskan kelembapan melalui pori-pori di bagian bawah daunnya. Cara merawatnya adalah dengan menyiram secara teratur ketika masih kecil, menjaga kelembapan tanah dan memberi pupuk organik setiap 3-4 bulan.

Karet Kebo

Photo :
  • IG/ yu.ri_plant
Halaman Selanjutnya
img_title
Inilah 5 Tanaman Hias yang Tangguh dan Minim Perawatan, Cocok untuk Anda yang Sibuk