Bagaimana Menumbuhkan Tanaman yang Produktif di Atap Rumah

Kebun di Atap Rumah
Sumber :
  • Instagram/gardenslondon

Malang, WISATA – Jika Anda tinggal di kota tetapi ingin menanam sayuran sendiri atau sekadar menikmati kedamaian dan keindahan taman, Anda bisa membuat kebun atau taman di atap rumah

Panen Cuan dari Hobi Bertanam: Menikmati Kebun Sendiri dan Meraup Keuntungan Finansial

Taman di atap rumah adalah cara yang luar biasa untuk mengubah ruang kota menjadi sepotong surga kecil. Taman di atap tidak hanya menyediakan ruang untuk menanam bunga-bunga indah atau sayuran lezat, tetapi juga memiliki banyak manfaat lainnya. Ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan untuk membuat taman jenis ini 

Beberapa manfaat dari berkebun di atap sungguh adalah selain mengurangi polusi udara, juga membuat penggunaan air hujan lebih efisien. Karena pohon dan tanaman memanas lebih lambat dibandingkan beton dan bahan bangunan lainnya, Taman di atap bisa menyebabkan penurunan suhu secara keseluruhan di perkotaan jika cukup banyak orang yang melakukannya. 

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Jawa Barat, Tanggal 30 Juni 2024

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pastikan Anda diizinkan membuat taman jika Anda bukan pemilik bangunan tersebut. Periksa hal-hal seperti peraturan dari pemilik rumah dan peraturan umum bangunan setempat. 

Memilih tanaman Anda untuk projek ini akan sangat penting untuk lokasi rooftop, karena Anda akan melakukan lebih banyak pekerjaan jika tidak melakukannya. Sangat penting bagi kelangsungan hidup tanaman Anda untuk memahami tingkat paparan ruangan Anda.

Prakiraan Cuaca Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Tanggal 30 Juni 2024

Pastikan Anda memiliki cara yang mudah diakses untuk menyiram tanaman Anda. Tanaman Anda kemungkinan besar perlu disiram setiap hari kecuali jika hujan deras. Selang bisa digunakan jika Anda punya waktu dan ruang yang lebih kecil.

Memilih wadah Anda merupakan faktor penting, wadah logam maupun kayu adalah pilihan terbaik, namun wadah dari beton bisa dipertimbangkan bila Anda tinggal permanen di rumah tersebut. 

Halaman Selanjutnya
img_title