Partai Demokrat Kecewa Berat dan Marah, Copot Baliho Anies Baswedan-AHY

Anies Baswedan dan Agus Harimukti Yudhoyono
Sumber :
  • Twitter: Anis Rasyid Baswedan

Jakarta, WISATA - Langkah sepihak yang diambil oleh Partai Nasdem dalam menunjuk Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan dalam Pemilu 2024, telah memicu reaksi keras dari Partai Demokrat. Keputusan ini menyebabkan Partai Demokrat merasa marah dan kecewa.

Sudirman Said Minta Dukungan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta: "Minta Balas Budi"

Sebagai respons atas langkah tersebut, Partai Demokrat telah memutuskan untuk menurunkan semua baliho yang menggambarkan Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mulai malam ini, Kamis, 31 Agustus 2023. Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Syarief Hasan, mengonfirmasi tindakan ini kepada wartawan.

Namun, meskipun baliho-baliho akan dicopot, Partai Demokrat masih belum memastikan apakah akan keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Syarief mengungkapkan bahwa baliho pasangan Anies-AHY akan segera dihapus mulai malam ini.

Cak Imin: Pasti akan Ada Giat Pembubaran Koalisi Perubahan

Sebelumnya, Partai Demokrat telah mengungkapkan pandangannya terhadap keputusan sepihak yang diambil oleh Partai Nasdem. Mereka menyebut Anies Baswedan sebagai pengkhianat karena terlibat dalam keputusan yang diambil oleh Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. Keputusan ini, yang secara tiba-tiba memasangkan Anies Baswedan dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Pemilu 2024, dianggap sebagai bentuk pengkhianatan terhadap semangat perubahan yang selama ini dianut oleh koalisi.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya, dalam sebuah keterangan resmi menyatakan, "Rentetan peristiwa yang terjadi merupakan bentuk pengkhianatan terhadap semangat perubahan; pengkhianatan terhadap piagam koalisi yang disepakati oleh ketiga partai politik; juga pengkhianatan terhadap apa yang disampaikan sendiri oleh capres Anies Baswedan, yang telah diberikan mandat untuk memimpin Koalisi Perubahan."

Cak Imin: Koalisi Perubahan Selesai, Namun Kerjasama Tetap Terbuka

Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Kamis, 31 Agustus 2023 - 20:48 WIB Judul Artikel : Dikhianati Anies Baswedan, Demokrat Turunkan Semua Baliho Anies-AHY Malam Ini Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/politik/1633000-dikhianati-anies-baswedan-demokrat-turunkan-semua-baliho-anies-ahy-malam-ini
Oleh : Daurina Lestari,Rahmat Fatahillah IlhamEdwin Firdaus