Tegas, Hakim MK Minta DPR Tak Lepas Tangan soal Masalah Pemilu 2024

Hakim MK Sadli Isra
Sumber :
  • tvonews.com

Jakarta, WISATA - Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Saldi Isra dengan tegas meminta Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk tidak melepaskan tangannya terkait masalah pemilihan umum. Permintaan ini disampaikan dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024.

Prabowo-Gibran Pastikan Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres di KPU Besok

Menurut Saldi Isra, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Gakkumdu harus menjalankan kewenangannya secara optimal demi memastikan pemilu berlangsung secara jujur, adil, dan berintegritas. Selain itu, ia juga mengingatkan DPR agar tidak melepaskan tangannya dalam menjalankan fungsi konstitusionalnya.

"Sementara itu, lembaga politik seperti DPR tidak boleh absen dalam menjalankan tugasnya. Sejak awal, DPR harus bertindak aktif dalam menjalankan fungsinya," ujar Saldi Isra dalam sidang putusan MK terkait sengketa pemilu 2024 pada Senin (22/4/2024).

Cak Imin: Koalisi Perubahan Selesai, Namun Kerjasama Tetap Terbuka

Fungsi-fungsi yang dimaksud berkaitan dengan pengawasan dan penggunaan hak-hak konstitusional yang melekat pada jabatan anggota DPR.

"Ini termasuk hak interpelasi, hak angket, dan hak untuk menyatakan pendapat guna memastikan bahwa semua tahapan pemilu berjalan sesuai dengan Pasal 22E ayat (1) UUD 1945," tambahnya.

MK Tolak Gugatan Hasil Pilpres 2024 dari Ganjar-Mahfud, Ini Alasannya

Pernyataan ini disampaikan mengingat MK memiliki batas waktu yang terbatas, yakni 14 hari kerja, untuk memutuskan perselisihan terkait hasil pemilihan umum.

Sidang putusan sengketa Pilpres 2024 telah dimulai oleh Mahkamah Konstitusi pada Senin (22/4/2024) pukul 09.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
img_title