Pemerintah Dorong Akselerasi Transformasi Digital Pasca Serangan Siber pada Pusat Data Nasional

PDN Diretas Publik Was-was Kaeamanan Datanya
Sumber :
  • Komimfo.go.id

Jakarta, WISATA – Pemerintah Indonesia sedang melakukan akselerasi transformasi digital di tengah tantangan serangan siber yang melanda Pusat Data Nasional Sementara (PDNS). Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria, menegaskan bahwa semangat untuk mewujudkan digitalisasi dan transformasi digital tidak akan surut akibat insiden ini.

Inilah yang Akan Terjadi pada Data yang Mendapatkan Serangan Brain Cipher Ransomware

"Kita tidak boleh mundur, kita harus maju terus! Digitalisasi jalan terus dan Indonesia harus bisa berada di depan. Insiden ini jangan sampai mematahkan semangat kita untuk transformasi digital," tandasnya dalam Program Satu Meja The Forum di Menara Kompas, Jakarta Pusat, Rabu (26/06/2024) malam.

Manfaat Transformasi Digital

Merespons Perkembangan Teknologi AI: Langkah Indonesia Menuju Masa Depan yang Inklusif

Wamen Nezar Patria menilai bahwa transformasi digital dapat meningkatkan efisiensi, mempermudah proses bisnis, dan memudahkan masyarakat mengakses layanan pemerintah. Menurutnya, insiden serangan siber ini menjadi pelajaran berharga untuk memperkuat keamanan siber dalam proses transformasi digital.

"Saya kira kita memetik pelajaran yang cukup penting di sini dan sangat kritis," tegasnya.

Bukan Hanya Indonesia, Inilah Deretan Negara yang Seringkali Mendapat Serangan Hacker

Transformasi digital bukan hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Kominfo, tetapi juga harus dilakukan oleh seluruh elemen bangsa. “Transformasi digital adalah transformasi bangsa,” tandasnya.

Langkah Penguatan Keamanan Siber

Halaman Selanjutnya
img_title