UNAIR: Inovasi Konservasi Penyu Sari Box Kolaborasi dengan Banyuwangi Sea Turtle Foundation

Sari Box
Sumber :
  • rri.co.id

Surabaya, WISATA – Inovasi konservasi penyu terus terwujud berkat kolaborasi civitas academica Program Studi Kedokteran Hewan Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam (FIKKIA) Universitas Airlangga (UNAIR) dan Banyuwangi Sea Turtle Foundation. Tak berhenti hanya dengan INTAN BOX, sang pelopor inkubasi buatan yang dapat menghasilkan tukik berjenis kelamin tertentu. Mereka juga membuat inovasi alat Save Ari-Ari dengan bentuk Box (SARI BOX). 

UNAIR: Ada 50 Kuota Calon Mahasiswa Baru Program Studi Kedokteran di FIKKIA Banyuwangi

Dosen Kedokteran Hewan FIKKIA, Aditya Yudhana drh MSi mengatakan kasus retensi kuning telur (yolk retention) sering terjadi pada tukik yang menetas dalam sarang alami maupun semi alami. Kuning telur yang tak terserap sempurna membuat kecacatan saat tukik berenang. Mereka tidak dapat dilepas liarkan secara alami karena ketahanan diri yang rendah. SARI BOX hadir sebagai terapi bagi tukik yang membutuhkan perawatan khusus mempercepat proses absorbsi kuning telur dari luar ke dalam abdomen.

“SARI BOX merupakan alat terapi mempercepat proses absorbsi kuning telur dari luar tubuh tukik agar masuk ke dalam abdomen,” katanya, Rabu (17/7/2024).

UNAIR: Keren Nih, UNAIR Tegaskan Tak Menaikkan Biaya UKT, Punya Sumber Pendapatan Lain

KPS PPDH FIKKIA itu menuturkan, waktu awal pengembangan ide berbarengan dengan INTAN BOX. Namun, penyempurnaan prototipe alat terapi yolk retention memerlukan waktu cukup panjang. Proses inisiasi dan pengembangan alat  SARI BOX berlangsung oleh tim Banyuwangi Sea Turtle Foundation. Sedangkan tim Kedokteran Hewan FIKKIA melaksanakan proses pengecekan dan menjalankan fungsi kerja berjalan optimal.

“Lewat kolaborasi ini, SARI BOX telah mendapatkan formulasi yang tepat agar dapat bekerja maksimal. Kini produksi sebuah SARI BOX dapat dilakukan hanya 1 hingga 2 minggu saja,” tuturnya. 

UNAIR: Buka 4 Pendaftaran Jalur Mandiri 2024, Simak Syarat dan Jadwalnya!

Orientasi kerjanya berbeda dengan INTAN BOX yang mengatur kelembapan dan suhu optimal untuk penetasan. Dalam absorbsi kuning telur, SARI BOX hanya mengutamakan parameter kelembaban dengan suhu ruang normal. Sistem kerja SARI BOX adalah memberikan pengaturan kelembapan melalui semburan butiran air laut menjadi spray fog. 

“Parameter kelembaban optimal SARI BOX adalah diatas 90 persen dengan suhu ruang biasa,” tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title