Ngeri, AI Mengubah Industri Transportasi: Waabi Siap Luncurkan Truk Otonom di Pasar

Truk Otonom Waabi
Sumber :
  • Nvidia

Jakarta, WISATAKecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) semakin mengubah industri transportasi, terutama dalam pengembangan teknologi kendaraan otonom (Autonomous Vehicle/AV). Waabi, sebuah startup berbasis di Toronto, memanfaatkan AI generatif untuk menghadirkan kendaraan otonom secara massal, dimulai dengan sektor truk jarak jauh.

AIIS 2024 di INTI: Mengungkap Potensi Kecerdasan Buatan dalam Mendorong Inovasi di Sektor Bisnis

Pada acara GTC di bulan Maret, Waabi mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan komputer mobil terpusat NVIDIA DRIVE Thor untuk membawa solusi truk otonom bertenaga AI generatif – Waabi Driver – ke pasar. Saat perusahaan merencanakan peluncuran operasi sepenuhnya tanpa pengemudi tahun depan, Waabi menyegarkan industri dengan solusi mengemudi otonom yang hemat biaya, mampu menangani skenario baru di jalan dengan aman, dan pada akhirnya dapat diterapkan secara komersial.

Waabi sedang mengembangkan sistem ini menggunakan NVIDIA DRIVE OS, sistem operasi perusahaan untuk kendaraan otonom yang didefinisikan oleh AI. Startup inovatif ini telah memelopori pendekatan yang menggabungkan dua sistem AI generatif: “guru” yang disebut Waabi World, sebuah simulator canggih yang melatih dan memvalidasi “murid” yang disebut Waabi Driver, sebuah sistem AI tunggal yang dapat berpikir seperti manusia dan sepenuhnya dapat diinterpretasikan.

Revolusi AI: Mendorong Batas Teknologi di Indonesia Technology and Innovation INTI 2024

Ketika dipasangkan bersama, kedua sistem ini mengurangi kebutuhan akan pengujian di jalan secara ekstensif dan memungkinkan solusi yang lebih aman, lebih efisien, dan sangat skalabel.

“Kami sangat bersemangat untuk menjalin kolaborasi mendalam dengan NVIDIA untuk membawa AI generatif ke tepi, pada kendaraan kami, secara massal,” kata Raquel Urtasun, pendiri dan CEO Waabi.

Menguak Potensi Kecerdasan Buatan: Masa Depan Indonesia di Tangan AI

AI generatif mempercepat pengembangan AV dengan “menyediakan sistem end-to-end di mana, alih-alih memerlukan ratusan insinyur untuk mengembangkan sistem secara manual, ini memberikan kemampuan untuk belajar model dasar yang dapat berjalan tanpa pengawasan dengan mengamati dan bertindak di dunia,” tambah Urtasun.

Kolaborasi Waabi dengan NVIDIA adalah salah satu dari serangkaian tonggak penting, termasuk pendanaan Seri B sebesar $200 juta dengan partisipasi dari NVIDIA, kerja sama dengan perusahaan logistik Uber Freight, peluncuran rute truk otonom komersial pertama di AS, dan pembukaan terminal truk dekat Dallas yang akan menjadi pusat operasi perusahaan di negara bagian Lone Star.

Halaman Selanjutnya
img_title