INFO HAJI 2024: Cak Imin Kritik Slogan Haji Ramah Lansia, Jangan Hanya Jadi Kampanye

Muhaimin Iskandar alias Cak Imin
Sumber :
  • viva.co.id

Makkah, WISATA – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyatakan, slogan haji ramah untuk lanjut usia atau lansia dalam pelaksanaan ibadah haji 2024 belum maksimal dalam pelaksanaan di lapangan.

Cak Imin menyinggung soal haji ramah bagi lansia harus diterapkan di lapangan.

"Ramah lansia jangan hanya jadi kampanye, tetapi harus benar-benar diterapkan," kata Muhaimin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (18/6/2024).

Cak Imin yang juga Ketua Tim Pengawas Haji DPR RI melakukan inspeksi mendadak ke tenda-tenda jemaah haji Indonesia di Mina.

Dalam kunjungannya, Cak Imin mengungkapkan berbagai keprihatinannya mengenai kondisi tenda dan fasilitas yang dinilai masih belum memadai, terutama dalam hal tagline "Haji Ramah Lansia".

"Saya menemukan fakta, bahwa fasilitas ramah lansia untuk toilet dan MCK (mandi, cuci, kakus) masih belum memadai. Memang ada kamar mandi untuk difabel, tetapi jumlahnya sangat sedikit dan tidak sebanding dengan rasio jemaah lansia dan difabel," katanya.

Menurutnya, rasio kamar mandi harus dihitung ulang berdasarkan jumlah lansia dan difabel yang harus difasilitasi.

Bahkan, paling penting, kran-kran wudhu tersendiri juga harus disediakan.

Cak Imin: Pasti akan Ada Giat Pembubaran Koalisi Perubahan

Jemaah Haji 2023, Buang Air Kecil di Mina Terlihat dari Luar

Photo :
  • Maman Abdurahman
"Setiap rapat dengan Kementerian Agama, DPR selalu meminta pemerintah tidak didikte oleh perusahaan. Pemerintah harus mendikte, sehingga kita bisa memilih tempat yang layak karena jumlah kita besar dan posisi kita kuat," katanya.

Muhaimin juga menyerukan adanya revolusi dalam penyelenggaraan haji.
Halaman Selanjutnya
img_title