Pemerintah Jadikan Pulau Raja dan Pulau Popaya Kawasan Konservasi untuk Pelestarian Lingkungan Laut

Pulau Popaya
Sumber :
  • IG/miminpesgo

Gorontalo, WISATA – Pemerintah Provinsi Gorontalo telah mengambil langkah bersejarah di bidang konservasi laut dengan menetapkan  Pulau Raja dan Pulau Popaya sebagai kawasan konservasi laut daerah.

Mengenal Taman Nasional Aketajawe-Lolobata dengan Keanekaragaman Hayati Tertinggi di Indonesia

"​Kawasan perairan di Pulau Raja dan Pulau Popaya memiliki potensi keanekaragamanhayati dan biodiversiti laut yang tinggi," kata Kepala Bidang Pengelolaan Ruang Laut dan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Syafrie A.B Kasim, Jumat (24/5/2024).

Syafrie mengatakan, proses percepatan penetapan kawasan ini merupakan langkah konkret dari komitmen pemerintah daerah. dalam pelestarian keanekaragaman hayati laut. Menurutnya, Pulau Raja dan Pulau Popaya bukan hanya menjadi saksi bisu kekayaan alam laut Gorontalo Utara. 

Selangkah Lagi Taman Nasional Ujung Kulon menjadi UNESCO Global Geopark

Pulau Popaya

Photo :
  • IG/miminpesgo

Tetapi, juga akan menjadi penanda penting dalam sejarah konservasi laut di Indonesia. Keanekaragaman tersebut menurut Syafrie adalah termasuk terumbu karang dan lokasi bertelur spesies penyu sisik dan penyu hijau.

EKOWISATA: Manajemen Sumber Daya Alam dan Pelestarian Keanekaragaman Hayati

Khusus di wilayah lokasi perairan Pulau Raja dan Pulau Popaya juga sudah terbentuk Kelompok Penggerak Konservasi (Kompak) Sinar Penyu. Selain itu, Pokmaswas Maritim yang mendukung kegiatan pengawasan di kawasan perairan tersebut. Dengan penetapan sebagai kawasan konservasi laut daerah diharapkan kelestarian ekosistem laut di sekitar pulau-pulau tersebut dapat terjaga. Sehingga akan lebih baik untuk generasi mendatang.

Halaman Selanjutnya
img_title