YOGYAKARTA: Ketika Mahasiswa Cina dan Jepang, Kagumi Urban Farming di Kampung Sayur Bausasran

Mahasiswa Jepang dan Cina Belajar Urban Farming
Sumber :
  • warta.jogjakota.go.id

Yogyakarta, WISATA – Untuk ketiga kalinya, Kampung Wisata Kampung Sayur Bausasran Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta menerima kunjungan dari mahasiswa luar negeri pada penyelenggaraan Summer Camp 2024, Selasa (13/8/2024).

Bekerja sama dengan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), kali ini yang berkunjung adalah mahasiswa Jepang dan Cina.

Mereka mencoba pengalaman baru dan melihat proses urban farming di tengah perkotaan.

Kali ini, Kampung Wisata Kampung Sayur Bausasran membagikan pengalaman menanam di lahan pertanian perkotaan, pemeliharaan, juga panen atau pasca panen untuk pengolahannya, khususnya untuk bayam Brasil yang jadi produk unggulan dan sudah diolah menjadi belasan produk, mulai dari mi, jus, keripik dan aneka olahan lainnya.

Mahasiswa Kansai University, Ota Momoka pun, menceritakan pengalamannya saat mengunjungi Kampung Wosata Kampung Sayur Bausasran.

Awalnya, Momo merasa gugup karena belum bisa membayangkan pertanian seperti apa yang dikembangkan.

“Saya merasa senang, berkunjung ke sini menjadi pengalaman yang baru. Warga di sini juga sangat ramah, baik dan makanan yang diolah enak. Rasanya ingin di sini lebih lama dan suatu saat ingin kembali lagi ke sini,” kata Momo.

Sementara Nishino Taiyo yang juga mahasiswa Kansai University mengungkapkan, dirinya mendapat energi dari atmosfer Kebun Sayur Organik Kelompok Tani Gemah Ripah Bausasran.

“Saya nyaman bisa berada di sini, merasakan langsung bagaimana proses urban farming dan suatu saat nanti saya juga ingin kembali,” lanjut Taiyo.

SURABAYA: Pawai Motor Listrik Undika, Kampanyekan Urban Farming dan Indonesia Emas 2045

Kunjungan Mahasiswa Jepang dan Cina di Kampung Sayur Bausasran

Photo :
  • warta.jogjakota.go.id
Sementara itu, Ketua Kampung Wisata Kampung Sayur Bausasran, Moh. Esperanza mengatakan, pihaknya bersama dengan kelompok tani Gemah Ripah berkomitmen untuk menciptakan suatu ciri khas.

Halaman Selanjutnya
img_title